Para Wanita, Jangan Sepelekan Tes Kesehatan Ini!

cek kesehatan wanita

Melakukan tes kesehatan secara rutin sangat penting untuk wanita. Hal ini penting dilakukan agar beberapa penyakit yang khusus menyerang wanita dapat diwaspadai sejak dini dan dilakukan pencegahan lebih awal. Salah satunya adalah kanker payudara yang mengancam wanita. Seperti pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Lakukanlah tes kesehatan secara rutin untuk mencari tanda-tanda awal kanker, penyakit jantung, osteoporosis, dan kondisi lainnya.

Cek Kolesterol dan Tekanan Darah

Kunjungi dokter terkait dan dokter akan memberi tahu Anda seberapa sering Anda perlu melakukan tes ini. Tes kolesterol memang terbilang sederhana. Anda dapat melakukan tes darah untuk mengetahui kadar lemak darah dalam tubuh seperti LDL “kolesterol jahat”, HDL “kolesterol baik” dan juga trigliserida. Jika jumlahnya tidak sesuai dengan yang seharusnya, perubahan dalam diet atau obat Anda dapat membantu mengembalikannya. Tes kesehatan yang satu ini juga baik untuk memeriksa kadar diabetes dalam tubuh yang memiliki kaitan erat dengan penyakit jantung.

Wanita yang mengonsumsi obat penurun kolesterol juga berisiko lebih tinggi terkena diabetes. Seperti diketahui, penyakit jantung dan diabetes adalah beberapa wabah kesehatan terbesar. Sehingga, penting bagi Anda untuk rutin mengecek gula darah Anda. Sama seperti memeriksa kolesterol Anda, dokter akan melakukan tes A1c dengan mengambil sampel kecil darah Anda dan mengirimkannya untuk diperiksa di laboratorium.

Cek Payudara Anda

Mammogram adalah cara penting untuk memeriksa kanker payudara. Mammogram penting untuk dilakukan, karena tindakan pencegahan sejak dini membuat penyakit lebih mudah untuk diobati. Pengecekan ini menggunakan sinar-X untuk membuat gambar bagian dalam payudara Anda.

Periksa dengan dokter Anda tentang seberapa sering Anda harus mendapatkan tes dan pada usia berapa. Ada berbagai rekomendasi dari organisasi kesehatan. American Cancer Society menyerukan mammogram tahunan dimulai pada usia 45, dan setiap 2 tahun pada 55. Satuan Tugas Layanan Pencegahan AS (USPSTF), di sisi lain, mengatakan wanita usia 50 hingga 74 harus memiliki mammogram setiap tahun.

Sebagian besar kelompok kesehatan tidak merekomendasikan pemeriksaan payudara sendiri. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk terbiasa dengan penampilan payudara agar Anda akan menyadari jika ada benjolan atau pertumbuhan baru.

Pengecekan untuk Kanker Serviks

Tes Pap dapat memeriksa sel-sel abnormal di serviks Anda yang bisa berubah menjadi kanker. Ini cara ampuh untuk mencegah penyakit tersebut. Wanita berusia 21 hingga 65 tahun dianjurkan untuk mendapatkan tes kesehatan ini satu kali setiap 3 tahun.

Jika Anda berusia 30 hingga 65 tahun, Anda punya pilihan. Anda dapat terus mendapatkan tes Pap setiap 3 tahun sekali, atau Anda bisa melakukannya dengan tes HPV setiap 5 tahun. Tes lain itu bermanfaat karena sebagian besar kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV (human papillomavirus).

Jika Anda berusia di atas 65 tahun, tanyakan kepada dokter Anda untuk melihat apakah Anda perlu melanjutkan tes Pap dan HPV.

Kolonoskopi

Kanker kolorektal biasanya dimulai dengan pertumbuhan di usus besar Anda yang disebut polip. Salah satu tes kunci yang dapat mendeteksi mereka disebut kolonoskopi.

Dokter Anda akan menggunakan tabung fleksibel dengan kamera kecil di ujungnya untuk memeriksa polip. Dokter biasanya dapat menghapus semua yang dia lihat. Mereka akan dikirim ke laboratorium untuk dicek apakah ada tanda-tanda kanker.

Pemeriksaan Kanker Kulit

Ini adalah kanker paling umum terjadi. Dapatkan pemeriksaan kulit setiap tahunnya dan waspadai tahi lalat yang mungkin telah berubah, atau perbedaan dalam tekstur atau kualitas kulit Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>