Sering Alami Perut Begah Saat Hamil? Ini Rahasia untuk Mengatasinya

Perut begah saat hamil adalah gangguan pencernaan akibat peningkatan gas dalam perut

Perut begah saat hamil merupakan hal yang normal terjadi pada ibu mengandung. Kondisi ini dapat terjadi sewaktu-waktu selama periode kehamilan. Perut begah saat hamil menjadi gejala adanya gangguan pencernaan akibat peningkatan kadar gas dalam perut yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Peningkatan gas dalam perut ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pola makan selama periode kehamilan hingga perubahan hormon.

Gejala perut begah saat hamil yang perlu diwaspadai

Jika Anda mengalami beberapa kondisi seperti yang disebutkan di bawah ini, kemungkinan besar Anda mengalami perut begah saat hamil.

  • Sendawa dan buang angin dalam intensitas yang lebih sering.
  • Mengalami kram dan nyeri di sekitar perut.
  • Merasakan adanya tekanan berlebih pada perut.
  • Perut yang terasa kembung.
  • Sembelit.

Rahasia mengatasi perut begah saat hamil

Jarang sekali kasus perut begah saat hamil ditangani oleh prosedur medis tertentu. Kondisi ini dapat diatasi dengan cara yang cukup sederhana dan dapat dilakukan di rumah. Simak informasi selengkapnya mengenai cara mengatasi perut begah saat hamil berikut ini.

  • Perbanyak konsumsi makanan berserat

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa makanan berserat banyak memberikan manfaat bagi tubuh, termasuk kesehatan ibu hamil. Perbanyak konsumsi makanan berserat, seperti sayuran hijau, biji-bijian utuh, dan buah dapat mengatasi perut begah saat hamil. Selain itu, seimbangkan pula konsumsi makanan berserat dengan konsumsi air putih agar tidak mengalami sembelit.

Perlu diperhatikan, jika memang Anda belum terbiasa untuk mengonsumsi makanan berserat dalam porsi yang lebih banyak, tambahkanlah secara perlahan. Menambahkan makanan berserat secara tiba-tiba justru dapat memicu produksi gas dalam perut.

  • Makan dalam porsi kecil namun lebih sering

Cara lain untuk mencegah perut begah saat hamil dapat dilakukan dengan mengubah pola makan, yaitu dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil, namun dalam intensitas yang lebih sering. Makanan yang dikonsumsi dalam jumlah lebih banyak membutuhkan waktu lebih lama untuk mengolahnya secara optimal.

Di samping itu, perubahan hormon dalam sistem pencernaan ibu hamil cenderung bekerja lebih lambat. Kondisi ini akan mengacu pada penumpukan makanan lebih banyak dan lebih lama dalam usus, sehingga menghasilkan gas lebih banyak pula. 

Mengubah pola makan ini dapat membantu tubuh dalam menyediakan asupan gizi yang berkelanjutan untuk janin dan juga mengendalikan peningkatan berat badan selama periode kehamilan.

  • Kenakan pakaian yang nyaman

Pakaian juga berperan penting dalam mengatasi perut begah saat hamil. Pilihlah pakaian yang lebih longgar. Dengan begitu, tekanan yang diterima perut dapat diringankan. Penggunaan pakaian yang terlalu ketat dapat menekan organ pencernaan, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dalam kondisi perut begah saat hamil.

  • Perbanyak olahraga

Ibu hamil tetap diperbolehkan untuk berolahraga, lho. Namun, memang kegiatan olahraga yang diperbolehkan adalah kegiatan fisik ringan, seperti jalan kaki di pagi dan sore hari. Dengan begitu, sistem pencernaan dapat bekerja secara lancar dan membantu mengalirkan gas yang ada dalam sistem pencernaan bergerak ke seluruh tubuh, hingga dikeluarkan melalui buang angin. 

  • Penuhi kebutuhan air

Dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, utamanya dengan air putih, dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Sembelit ini sering kali dihubungkan dengan gejala perut begah atau kembung. 

Hindari minum dalam kondisi yang tergesa-gesa dan usahakan untuk menggunakan sedotan ketika minum. Pasalnya, penggunaan sedotan ternyata dapat membuat udara berlebih masuk ke dalam tubuh yang berujung pada penumpukan dalam perut, sehingga menyebabkan perut begah saat hamil.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>