Penyebab Jerawat di Hidung yang Perlu Diketahui

Hidung merupakan salah satu area wajah yang kerap kali menjadi tempat munculnya jerawat, jika seseorang mengalami kondisi ini terutama di bagian dalam bisa menjadi pertanda adanya infeksi pada indera penciuman seseorang. Sementara itu, penyebab jerawat di hidung ada beberapa macam dan cara pengobatannya pun beragam.

jerawat di hidung

Jerawat yang muncul di hidung atau sekitar wajah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Walaupun tidak terlihat di bagian wajah lain, jerawat pada hidung bagian dalam juga harus diatasi dengan tepat.  Pasalnya, apabila tidak segera diobati atau bahkan tidak diobati maka kuman di hidung dapat menyebar ke otak.

Penyebab Jerawat di Hidung

Berbagai jerawat yang muncul dan apa pun jenisnya dihasilkan dari terumbatnya pori-pori oleh minyak berlebih, kotoran dan sel-sel kulit mati. Penyumbatan yang muncul kemudian menjadi komedo, apabila bakteri masuk ke dalam kulit komedo akan meradang dan menjadi papula atau jerawat kemerahan, berikut beberapa penyebab jerawat muncul di hidung.

  • Pori-pori Tersumbat

Area hidung pada umumnya punya pori-pori yang lebih lebar dan memproduksi lebih banyak minyak, ini membuat hidung menjadi area acne prone atau rawan muncul jerawat. Kondisi ini terjadi karena produksi minyak berlebih dan masuknya bakteri ke dalam pori-pori yang tersumbat, inilah yang menghasilkan komedo dan jerawat.

  • Rambut Tumbuh ke Dalam

Aktivitas waxing atau mencabut bulu di area wajah juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat di hidung. Keadaan ini muncul karena rambut atau bulu di area hidung tumbuh kembali ke dalam lapisan kulit.

  • Nasal Vestibulitis

Vestibulitis hidung merupakan suatu kondisi di mana terjadinya infeksi akibat bakteri pada area hidung bagian depan atau bagian depan rongga hidung. Kondisi ini bisa terjadi ketika seseorang mengupil, mengeluarkan napas secara berlebih atau melakukan tindik kuping. Bakteri Staphylococcus atau stap menyebabkan benjolan di dalam hidung.

  • Nasal Furuncles

Furunkel pada hidung merupakan infeksi bakteri yang terjadi pada bagian dalam rongga hidung, keadaan kini terkadang dapat menyebabkan seluitis, atau infeksi kulit yang bisa menyebar ke aliran darah, tentunya kondisi ini bisa membahayakan jika tidak segera ditangani.

Cara Mengatasi Jerawat di Hidung

  • Perhatikan Tipe Jerawat

Apabila jerawat yang muncul di hidung adalah tipe acne vulgaris, terdapa beberapa langkah mudah untuk bisa mengatasi kondisi tersebut. Gunakan air hangat dan handuk bersih untuk membilas wajah dan menghilangkan minyak berlebih, lalu gunakan es batu untuk mengurangi peradangan, bisa oleskan salep atau acne patch.

  • Eksfoliasi

Cara ini dipakai untuk membantu proses regenerasi kulit, ketika jerawat di hidung muncul pilih bahan eksfoliasi yang lebih gentle seperti asam salisilat, asam laktat atau asam glikolat. Beberapa bahan ini digunakan untuk mengatasi jerawat secara bertahap dan lembut untuk membuka pori-pori.

  • Skincare Bahan Retinol

Memakai serum atau produk kecantikan berbahan retinol di malam hari dapat sangat membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Termasuk jerawat, retinol bisa mempercepat pergantian sel kulit dan membantu mengembalikan siklus kulit yang sehat dan mengurangi jumlah kulit mati di permukaan dan mengatasi penyebab jerawat di hidung.

Kondisi inilah yang secara bertahap mampu mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat, apabila dikombinasikan dengan obat oral maka perawatan ini diklaim mampu memberikan hasil yang fantasis. Termasuk penggunaan tetrasiklin karena sifat anti-inflamasi, sprionolakton untuk jerawat siklis dan sebagai anti-androgen.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>