Obat Nyeri Otot Di Rumah

Nyeri otot atau myalgia, sangat umum terjadi.  Hampir setiap orang pernah mengalami ketidaknyamanan pada otot di beberapa titik. Lalu apakah obat nyeri otot dapat mengurangi gejala?

Karena terdapat jaringan otot di hampir semua bagian tubuh Anda, jenis nyeri ini bisa dirasakan hampir di mana saja. Namun, tidak ada penyebab tunggal untuk nyeri otot. 

Nyeri otot sering kali merespons pengobatan rumahan dengan baik. Beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk meredakan ketidaknyamanan otot akibat cedera dan penggunaan berlebihan meliputi:

  • Mengistirahatkan area tubuh tempat Anda mengalami sakit dan nyeri
  • Mengoleskan es ke area yang terkena untuk membantu meredakan nyeri dan mengurangi peradangan

Anda juga dapat mengkonsumsi obat untuk mengurangi nyeri otot. Jika Anda mengalami nyeri otot sesekali, Anda dapat mengkonsumsi asetaminofen (Tylenol) atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin), atau naproxen (Aleve) untuk membantu meringankan ketidaknyamanan.  

Berhati-hatilah saat menggunakan NSAID secara teratur. Karena penggunaan jangka panjang dapat mengganggu kemampuan otot Anda untuk memperbaiki dirinya sendiri. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda tentang interaksi obat bebas di atas dengan obat lain yang Anda minum.

Nyeri otot sesekali merupakan hal normal, terutama jika Anda aktif atau baru berolahraga. Dengarkan tubuh Anda dan hentikan aktivitas jika otot mulai terasa sakit.  

Otot Anda yang sakit mungkin disebabkan oleh hal lain selain ketegangan dan aktivitas fisik. Dalam kasus ini, selain memberikan obat nyeri otot, dokter Anda akan memberikan saran tentang cara mengatasi nyeri otot Anda sepenuhnya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>