Nyeri Tulang Belakang Dapat Disebabkan karena Desikasi Disk

Hernia nucleus pulposus membuat Anda mengalami nyeri punggung

Tulang punggung Anda terdiri dari tumpukan tulang yang disebut vertebra. Di antara setiap vertebra, terdapat disk yang kuat dan kenyal yang bertindak sebagai peredam kejut. Setelah beberapa lama, disk tersebut kemudian akan aus karena sebuah bagian dari proses yang bernama penyakit disk degeneratif. Desekasi disk merupakan salah satu fitur paling umum dijumpai pada penyakit disk degeneratif. Kondisi ini berupa dehidrasi pada disk. Pada kondisi normal, disk vertebra Anda penuh cairan, yang membuatnya tetap fleksibel dan kuat. Semakin Anda bertambah tua, disk akan secara perlahan kehilang cairan tersebut, untuk kemudian diganti dengan fibrocartilage, jaringan berserat yang kuat yang membuat bagian luar disk. Salah satu tanda Anda menderita desikasi disk adalah adanya nyeri tulang belakang.

Penyebab dan gejala

Salah satu gejala pertama adanya desikasi disk adalah punggung terasa kaku. Anda juga bisa merasakan nyeri tulang belakang, kelemahan, dan adanya sensasi kesemutan di punggung. Tergantung bagian disk mana yang terkena kondisi ini, Anda juga bisa menderita mati rasa pada bagian punggung bawah. Dalam kasus-kasus tertentu, rasa sakit dan mati rasa akan menjalar dari punggung ke bawah ke kedua kaki. Anda juga akan merasakan adanya perubahan pada refleks lutut dan kaki.

Desikasi disk umumnya disebabkan karena keausan atau adanya robekan pada tulang belakang, yang mana dapat terjadi secara alami ketika seseorang bertambah tua. Beberapa hal lain yang dapat menyebabkan desikasi disk di antaranya adalah:

1. Trauma akibat kecelakaan mobil, terjatuh, ataupun cidera olahraga
  2. Ketegangan yang berulang pada punggung, terutama setelah mengangkat benda-benda yang berat
  3. Turunnya berat badan dengan tiba-tiba, yang menyebabkan tubuh (termasuk disk) kehilangan banyak cairan

Diagnosa dan perawatan

Untuk mendiagnosa kondisi ini, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Mereka akan meminta Anda untuk melakukan beberapa gerakan tertentu dan melihat apakah gerakan tersebut menyebabkan rasa sakit. Hal ini juga dapat membantu dokter untuk mengetahui bagian disk mana yang terdampak. Selanjutnya, Anda akan menjalani pemindaian sinar-X, CT, ataupun MRI agar dokter dapat melihat dengan jelas kondisi vertebra dan disk. Disk yang dehidrasi umumnya akan tampak lebih kurus dengan bentuk yang tidak konsisten. Gambar hasil pemindaian juga akan menunjukkan kondisi-kondisi lain yang dapat menyebabkan nyeri tulang belakang, misalnya karena disk yang pecah atau terherniasi.

Jika gejala desikasi disk ringan, dokter akan merekomendasikan pasien untuk menjaga berat badan, mempraktikkan postur tubuh yang baik, dan menhindari pemicu utama nyeri tulang belakang (misalnya mengangkat benda-benda yang berat). Namun, apabila gejala yang dirasakan lebih parah, beberapa pilihan perawatan di antaranya adalah:

1. Obat-obatan penghilang rasa sakit seperti obat anti-peradangan non-steorid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen dapat membantu mengurangi rasa sakit.
  2. Terapi pijat, untuk membuat otot di sekitar vertebra yang terdampak menjadi relaks dapat membantu meredakan tekanan yang sakit
  3. Terapi fisik. Terapis ahli akan mengajari Anda bagaimana cara memperkuat otot inti yang mendukung tulang belakang dan menghilangkan tekanan di punggung. Mereka juga dapat membantu Anda memperbaiki postur tubuh dan merekomendasikan strategi khusus untuk menghindari gerakan-gerakan yang dapat memicu terjadinya gejala desikasi disk.

Desikasi disk bukanlah sesuatu yang bisa dicegah. Namun, Anda bisa mengatasi gejala yang ditimbulkan, misalnya nyeri tulang belakang dengan mengunjungi dokter dan mendapatkan rencana perawatan khusus. Beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya adalah dengan kombinasi antara obat, terapi fisik, dan latihan.