Mengenal Glukoneogenesis

Glukoneogenesis adalah suatu proses yang terjadi di hati dan ginjal Anda.

Glukoneogenesis adalah suatu proses yang terjadi di hati dan ginjal Anda. Glukoneogenesis memasok kebutuhan glukosa plasma di antara waktu makan.  

Glukoneogenesis secara harfiah diterjemahkan sebagai ‘produksi glukosa baru’. Hal ini adalah jalur metabolik yang menghasilkan pembentukan glukosa dari substrat karbon non-karbohidrat seperti laktat, gliserol, dan asam amino glukogenik. 

Glukoneogenesis terjadi setelah sekitar 8 jam puasa ketika simpanan glikogen hati Anda mulai menipis dan sumber glukosa alternatif diperlukan. Proses ini terjadi terutama di hati dan ginjal.

Glukoneogenesis adalah salah satu kontributor utama hiperglikemia yang terlihat pada pasien diabetes sebagai sel yang ‘merasa’ kekurangan nutrisi sehingga mengirimkan sinyal hormonal untuk meningkatkan kadar glukosa dalam darah melalui glukoneogenesis.

Glukoneogenesis “berakhir” pada produksi molekul yang dikenal sebagai glukosa 6-fosfat. Glukosa 6-fosfat kemudian dapat disimpan tubuh Anda sebagai glikogen, atau dipecah dalam satu langkah terakhir menjadi glukosa bebas, sebuah reaksi yang dikatalisis oleh enzim yang dikenal sebagai glukosa 6-fosfatase yang ada di retikulum endoplasma mitokondria

Mekanisme glukoneogenesis digunakan untuk membersihkan produk metabolisme jaringan lain dari darah, misalnya: Laktat, diproduksi oleh otot dan eritrosit serta gliserol, yang secara terus menerus diproduksi oleh jaringan adiposa.

Sebenarnya, glukoneogenesis tidak berbahaya, dan sebenarnya merupakan proses yang diperlukan yang memungkinkan tubuh Anda membuat bahan bakar sendiri untuk menjaga proses tubuh tetap berjalan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>