Manfaat Minyak Kelapa, Apakah Baik untuk Kulit?

Minyak kelapa banyak sekali kegunaannya, salah satu manfaat minyak kelapa adalah baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Minyak kelapa merupakan jenis lemak yang dipuji karena khasiatnya yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. 

minyak kelapa

Selain baik bagi rambut dan kulit, manfaat lain dari minyak kelapa dalah dapat menurunkan kadar kolesterol (LDL) hingga meningkatkan fungsi otak pada pasien Alzhaimer. Sebelum membahas manfaat minyak kelapa bagi kulit, cari tahu dulu, yuk, apa sebenarnya minyak kelapa itu. 

Apa itu minyak kelapa?

Minyak kelapa adalah minyak yang sangat jenuh yang secara tradisional dibuat dengan mengekstraksi minyak dari buah kelapa mentah atau biji kelapa kering. Pada suhu kamar, umumnya minyak kelapa akan sedikit padat, dan bila dipanaskan akan melelh atau melunak. 

Meskipun minyak kelapa mengandung sekitar 90% lemak jenuh, namun minyak kelapa juga mengandung sedikit lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Jadi, minyak kelapa itu bisa dipakai untuk memasak ataupun dioleskan langsung ke kulit atau rambut. 

Manfaat minyak kelapa untu kulit

  1. Dapat membunuh mikroorganisme berbahaya

Asam lemak yang terdapat minyak kelapa ini memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi terhadap mikroorganisme berbahaya. Hal ini sangat penting, terutama pada kesehatan kulit, karena banyak sekali jenis infeksi kulit, termasuk jerawat, selulitis, folikulitis, dan kutu air, yang disebabkan oleh jamur. 

Mengoleskan langsung minyak kelapa ke kulit dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme tersebut. Karena kandungan asam laurat yang membentuk hampir 50% asam lemak alam minyak kelapa akan melawan mokroorganisme berbahaya. 

  1. Dapat mengurangi peradangan

Peradangan kronis merupakan komponen utama dari berbagai jenis kelainan kulit, termasuk psoriasis, dermatitis, dan eksim. Menariknya, minyak kelapa telah terbukti memiliki khasiat anti peradangan tersebut.

Minyak kelapa pun mengandung antioksidan yang bekerha menstabilkan radikal bebas di dalam tubuh, menetralkan atom reaktif yang dapat menyebabkan peradangan. 

  1. Mengobati jerawat

Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori, faktanya pada beberapa penelitian menunjukan bahwa minyak kelapa sebenarnya dapat membantu mengobati jerawat. Jerawat merupakan kondisi peradangan, dan minyak kelapa serta komponennya dapat membantu mengurangi peradangan. Selain itu, sifat antibakteri dari asam lemak pada minyak kelapa dapat mengurangi timbulnya jerawat. 

  1. Dapat melembapkan kulit

Selain manfaat minyak kelapa sebagai kerawat dan peradangan, mengoleskan minyak kelapa ke kulit dapat membantu menjaga kelembapan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien kulit kering ringan hingga sedang selama dua minggu menemukan bahwa minyak kelapa secara signifikan dapat meningkatkan hidrasi kulit dan sama efektifnya dengan mineral. Hal ini juga terbukti dapat membantu mengurangi gejala pada eksim, di mana kondisi kulit ditandai dengan ruam dan gatal yang bersisik. 

Manfaat minyak kelapa bagi kulit dan rambut telah dipercaya sejak dahulu. Penelitian pun menunjukkan bahw sifat anti-inflamasi, antibakteri, serta antivirus pun dapat melembapkan kulit kering. Seseorang bisa langsung mengoleskan minyak kelapa langsung ke kulit. Namun, penting untuk memperhatikan bahwa minyak kelapa tidak dapat mengobati kondisi medis tertentu. Jadi, seseorang tetap harus mendatangi dokter untuk pengobatan tertentu. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>