Hati-Hati, Ini Dia 9 Makanan Terburuk yang Harus Dihindari saat Konstipasi

makanan yang harus dihindari gorengan

Konstipasi merupakan masalah pencernaan yang terjadi akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan terburuk yang dapat memperparah konstipasi. Pastikan untuk sementara menghindari makanan-makanan ini agar pencernaan kembali pulih.

1. Susu
Jika konstipasi atau sembelit sering Anda alami, cobalah untuk mengevaluasi gaya hidup dan asupan makan harian Anda. Hal pertama yang paling sering menyebabkan konstipasi adalah terlalu banyak keju dan susu. Namun, bukan berarti Anda harus berhenti mengonsumsi susu dan produk olahannya. Sebaliknya, Anda hanya perlu mengurangi asupannya menjadi lebih sedikit. Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi yogurt dengan probiotik yang mengandung bakteri hidup baik untuk sistem pencernaan. Asupan ini dapat membantu meringankan sembelit.

2. Makanan Cepat Saji
Gaya hidup modern yang identik dengan segala hal yang praktis dan cepat terkadang membawa dampak buruk bagi kesehatan. Sebut saja kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji yang rendah serat dan berminyak. Jangan heran jika terlalu sering mengonsumsi asupan cepat saji akan membuat pencernaan Anda menjadi bermasalah.

3. Gorengan
Gorengan sangat identik sebagai camilan sore yang lezat dan teman beraktivitas di kala hujan. Apalagi jika ditemani dengan cabai rawit atau sambal kacang yang hangat. Namun, perhatikan juga kadar asupannya agar tidak mengganggu kesehatan pencernaan Anda. Pasalnya, makanan berminyak ini sangat rendah serat dan menghambat pencernaan dalam bekerja. Selain itu, makanan berminyak ini juga membuat tinja menjadi keras dan kering sehingga Anda mengalami sembelit.

4. Telur
Sebagai makanan yang tinggi protein tetapi rendah serat, telur menjadi pilihan makanan yang cukup menimbulkan dilema. Namun, Anda tidak perlu menghapusnya dari menu asupan harian. Cukup tambahkan saja makanan tinggi serat ke dalam campuran telur seperti dengan membuat telur dadar yang dilengkapi bayam segar dan tomat.

5. Daging
Daging memang merupakan asupan yang kaya akan protein dan lemak. Sayangnya makanan ini memiliki kandungan serat yang kurang. Jika Anda mengalami sembelit atau konstipasi, pastikan untuk mengombinasikan sajian daging dengan sayur-sayuran dan buah.


6. Kue Manis

Beragam pilihan kue, baik itu cookies, biskuit, cupcakes, dan beragam kue-kuean lainnya memang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi setiap hari. Kandungan gula yang tinggi disertai kurangnya nutrisi serat dan cairan berisiko membuat pencernaan Anda terganggu. Jangan heran jika terlalu sering makan kue akan membuat Anda sembelit. Namun, Anda dapat mencoba kombinasi dengan memakannya bersama yogurt untuk meminimalisir dampak terhadap konstipasi.

7. Roti Tawar
Terlalu banyak mengonsumsi roti tawar dapat berisiko membuat feses menjadi keras dan kering. Pasalnya, roti tawar dibuat dari tepung rendah serat yang akan menghambat kerja pencernaan. Sebagai gantinya, pilihlah roti panggang gandum yang dapat memperlancar pencernaan.

8. Kafein
Beberapa cangkir kopi memang kerap memicu gejolak perut dan membuat sebagian orang buang air. Namun, sebagian orang lain malah mendapatkan efek samping yang bertolak belakang di mana kopi malah membuat tubuh menyerap air lebih banyak dan membuat feses menjadi kering. Akibatnya feses menjadi kering berisiko memperparah konstipasi.

9. Alkohol
Sama halnya dengan kopi, asupan alkohol dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi internal. Alhasil, cairan internal perut yang diproduksi tubuh akan mengalami pengurangan secara drastis. Itulah sebabnya feses akan menjadi keras dan dapat mengakibatkan konstipasi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>