Atasi GERD dengan Langkah Mudah di Bawah Ini!

cara mengatasi gerd

Diagnosis GERD secara pasti membutuhkan serangkaian tes yang hanya bisa dilakukan oleh para ahli. Ketika rasa nyeri dan mulas muncul lebih sering dari biasanya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Pemeriksaan dan Tes kesehatan untuk diagnosis GERD

Untuk memberikan pengobatan GERD yang sesuai dengan kondisi Anda, dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan dengan memberikan beberapa pertanyaan awal seperti rekam medis Anda dan daftar makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Bila diagnosa dokter mengatakan bahwa Anda terkena GERD namun masih perlu dipastikan, biasanya pasien wajib melakukan salah satu atau serangkaian tes kesehatan seperti berikut:

  • Tes Ambulatory Acid

Tes ini mengukur kadar asam di dalam perut selama 24 jam dengan cara memasukkan kateter melalui lubang hidung ke kerongkongan. Sebuah alat akan dipasang untuk mengukur level asam yang masuk ke kerongkongan dari perut.

  • X-Ray

Anda akan meminum cairan berwarna putih keruh yang dinamakan barium. Barium in akan mengenai bagian dalam perut, kerongkongan dan usus, sehingga mudah untuk mendeteksi organ-organ ini lewat X Ray.

  • Endoskopi

Sebuah kamera akan dimasukkan melewati mulut dan masuk ke saluran pencernaan untuk melihat apakah ada kerusakan pada saluran tersebut. Jika memang ada, dokter akan menyarankan tes lanjutan dengan mengambil sample jaringan dan melakukan biopsy.

  • Manometry

Tes manometry dapat mengetahui bagaimana asam lambung bergerak menuju ke kerongkongan.

Pengobatan GERD dengan memakai obat bebas

Obat bebas adalah obat-obatan yang dijual di toko obat tanpa resep dokter. Untuk kasus GERD yang ringan, rekomendasi dokter dapat berupa obat-obatan berikut:

  • Antacid

Antacid membantu mengurangi rasa mulas dan biasanya berbentuk cairan atau tablet kunyah.

  • H2 Receptor blockers

Obat ini bekerja lebih lambat dari antacid namun seringkali lebih manjur untuk mengurangi rasa sakit hingga 12 jam lamanya. Obat yang termasuk dalam

  • Proton pump inhibitors

Obat ini memiliki khasiat yang lebih kuat dari H2 receptor blocker karena dapat menyembuhkan luka pada kerongkongan akibat refluks asam lambung. Obat yang mengandung PPI yaitu esomeprayole, omeprayole dan pantoprazole.

Pengobatan GERD dengan resep dokter

Jika obat-obatan yang dijual bebas tidak manjur, maka ini saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter. Dokter biasanya memberikan prokinetik yang bisa mengosongkan perut dengan cepat dan menguatkan otot bagian bawah kerongkongan. Namun efek sampingnya bisa berupa diare, lelah dan cemas.

Bila perlu, pengobatan GERD dilakukan dengan kombinasi obat yang dapat menangani gejala dan efek sampingnya.

Perubahan pola hidup

GERD dapat diatasi dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti berikut:

  • Berhenti merokok
  • Memiliki berat badan ideal
  • Menghindari makanan pemicu GERD seperti makanan pedas dan berlemak
  • Memakai pakaian yang longgar dan tidak ketat di bagian pinggang
  • Makan dalam porsi yang kecil
  • Tidur dengna posisi kepala lebih tinggi dibandingkan perut

Pengobatan GERD dengan cara alternatif

Terapi GERD berikut dapat Anda lakukan beriringan dengan pengobatan yang dianjurkan oleh dokter

  • Akupuntur

Pengobatan tradisional ini merupakan terapi yang menusukkan jarum pada bagian tubuh Anda untuk mengurangi rasa nyeri akibat GERD

  • Relaksasi

Refluks asam lambung dapat diakibatkan karena stress. Dengan terapi relaksasi, Anda akan merasa tenang dan produksi asam lambung pun berkurang.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>