Category Kesehatan Kulit

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Masker Pepaya, Memang Bisa?

cara memutihkan wajah secara alami

Mempunyai wajah putih dan cerah menjadi dambaan banyak orang. Akan tetapi, metode memutihkan wajah menggunakan bahan-bahan sintetis atau teknologi zaman sekarang cenderung lebih ‘menguras’ kantong sehingga beberapa orang memilih cara-cara alami. Selain itu, cara memutihkan wajah secara alami dinilai lebih aman.

Pepaya merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya mampu membantu memutihkan wajah. Pepaya memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus. Sebuah studi juga menunjukkan tingginya kandungan vitamin A, B, dan C pada buah pepaya. 

Apakah benar bisa memutihkan wajah?

Masker pepaya sangat mudah dibuat di rumah. Pepaya memiliki enzim papain yang berkhasiat mengelupas lapisan kulit paling luar sehingga sel-sel kulit mati mampu terangkat. Proses ini dinamakan eksfoliasi yang membuat kulit tampak lebih cerah, sehat, dan terkesan lebih putih.

Kulit wajah secara alami melakukan regenerasi yang menghasilkan sel baru dan menyisakan sel kulit mati. Sel kulit mati tersebut harus dihilangkan, salah satu caranya dengan mengaplikasikan masker pepaya secara teratur ke seluruh bagian wajah. Proses eksfoliasi juga mencegah tersumbatnya pori-pori sehingga risiko munculnya jerawat pun bisa berkurang.

Kandungan betakaroten, vitamin, dan fitokimia di dalam pepaya memiliki sifat mencerahkan kulit bagi penderita melasma. Meskipun belum sepenuhnya bisa dibuktikan melalui studi ilmiah. Selain itu, minyak biji pepaya juga dipercaya mampu mencerahkan bintik hitam di wajah. 

Cara membuat masker pepaya

Jenis masker pepaya berikut ini bisa diaplikasikan ke semua kulit, kecuali kulit sensitif, mudah iritasi, atau sedang dalam kondisi terbakar sinar matahari. Simak langkah-langkahnya:

  1. Siapkan alat dan bahan:
  2. ¼ gelas buah pepaya
  3. 1 sdt jus nanas segar
  4. Mortar atau garpu
  5. Mangkok kecil
  6. Halusakan pepaya dengan mortar atau garpu yang ditekan-tekan ke daging buah pepaya
  7. Campurkan dengan jus nanas sampai terbentuk pasta
  8. Aplikasikan ke wajah dan leher
  9. Diamkan selama 15-20 menit
  10. Bilas dengan air bersih

Masker mungkin akan berair saat dioelaskan sehingga siapkan handuk atau tisu agar cairan tidak mudah tercecer. Anda yang memiliki kulit kering dapat menggunakan pelembab setelah membilas wajah. Kulit akan terasa lebih halus setelah menggunakna masker pepaya.

Alergi yang mungkin ditimbulkan

Enzim papain di dalam buah pepaya mampu mendegradasi protein menjadi bahan eksfoliasi dan membantu mencerahkan kulit wajah. Enzim papain juga sering digunakan untuk industri kosmetik.

Sebuah Journal of Investigative Dermatology menunjukkan, manusia dan hewan dapat menimbulkan reaksi alergi kulit yang kuat saat kontak dengan enzim papain. Kulit akan menjadi lebih permeabel, lapisankulit mudah terkikis, bakteri mudah tumbuh di kulit, mudah terjadi inflamasi kemudian muncullah reaksi alergi. Antibodi pun diproduksi tubuh untuk melindungi kulit dari zat asing. Meskipun faktanya, alergi kulit sangat jarang terjadi akibat pengaplikaisan masker pepaya ini.

Cara memutihkan kulit secara alami memang membutuhkan kesabaran dan harus rutin dilakukan. Kulit mungkin tidak akan berubah seketika menjadi putih, apalagi jika Anda memiliki warna kulit sawo matang atau cenderung gelap. Usaha perawatan kulit yang bisa dilakukan yaitu membuatnya menjadi lebih cerah. Faktor-faktor lainnya juga perlu diperhatikan agar wajah terlihat lebih cerah, seperti pemakaian sunscreen saat keluar rumah dan mengaplikasikannnya kembali setelah beberapa jam pemakaian, merawat wajah dari munculnya jerawat sebab bekasnya menyebabkan hiperpegmentasi, serta rajin melakukan eksfoliasi dan perawatan wajah lainnya.

Read More

Manfaat Hidrogen Peroksida, Benarkah Bisa Menyembuhkan Jerawat?

Manfaat Hidrogen Peroksida, Benarkah Bisa Menyembuhkan Jerawat?

Hidrogen peroksida dikenal sebagai bahan antiseptik atau pemutih. Zat ini diklaim mampu membunuh mikroorganisme termasuk bakteri. Beberapa orang percaya akan manfaat hidrogen peroksida yang mampu menyembuhkan jerawat karena sifatnya yang mudah mengeringkan sebum serta sebagai antibakteri. Di sisi lain, ditemukan beberapa kasus hidrogen peroksida yang justru memperparah kondisi kulit berjerawat.

Apakah terbukti ilmiah?

Jerawat terbentuk karena produksi sebum yang berlebihan sehingga memicu tumbuhnya bakteri. Peradangan pun muncul di permukaan kulit menyebabkan warna kemerahan disertai nyeri. Hidrogen peroksida diklaim mampu membantu mengeringkan sebum dan membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Berdasarkan Journal Antimicrobial Chemotherapy, hidrogen peroksida termasuk jenis agen pengoksidasi, artinya secara efektif dapat membunuh sel hidup pada bakteri. Proses ini dikenal sebagai stres oksidatif. 

Akan tetapi, agen pengoksidasi juga berpotensi merusak jaringan fibroblas di kulit. Fibroblas berperan saat proses penyembuhan luka. Jika fibroblas berkurang, maka proses ini akan berjalan lamban dan luka berisiko terbuka dalam waktu lebih lama. 

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh The Journal of Trauma, Injury, Infection, and Critical Care menyebutkan, hidrogen peroksida dapat memperlambat penyembuhan luka. Studi lain menambahkan, hidrogen peroksida dapat menyisakan bekas luka setelah diaplikasikan ke kulit. Padahal bekas luka merupakan salah satu masalah besar yang dihindari para pejuang jerawat.

Sementara, bukti ilmiah mengenai sifat antibakteri hidrogen peroksida masih sedikit bahkan penggunaannya berisiko mengiritasi sel sehat. 

Sebenarnya tubuh memproduksi hidrogen peroksida alami. Hidrogen peroksida yang diproduksi neutrofil merupakan indikator adanya peradangan jerawat. Jumlah zat hidrogen peroksida di dalam tubuh seseorang yang berjerawat secara signifikan lebih tinggi daripada mereka berkulit normal Oleh karena itu, obat jerawat yang berfungsi menghambat produksi hidrogen peroksida justru akan menurunkan aktivitas peradangan pada jerawat. 

Penggunaannya untuk jerawat tidak meradang

Jerawat yang tidak meradang terdiri dari komedo hitam dan komedo putih yang mana keduanya tidak menimbulkan bengkak maupun inflamasi. Benjolan yang ditimbulkan berukuran kecil dan tidak disertai kemerahan atau nyeri. 

Seseorang yang memiliki jerawat tidak meradang dapat mencoba hidrogen peroksida tanpa khawatir menimbulkan inflamasi. Namun, pastikan untuk mengencerkan hidrogen peroksida sampai konsentrasinya mencapai 1% dengan cara menambahkan air. Misalnya, jika Anda memiliki hidrogen peroksida 3%, maka bagi menjadi 3 bagian. Masing-masing hidrogen peroksida ditambahkan air dengan perbandingan 1:3. 

Penting untuk diketahui bahwa keterangan 3% tidak bisa didapatkan dari bahan hidrogen peroksida yang dijual di toko kimia secara mentah-mentah. Hidrogen peroksida yang digunakan cenderung lebih ringan, biasanya juga dipadukan dengan jenis bahan kimia lain seperti adapalen.   

Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi, kulit kering parah, atau efek samping lainnya. Saat mengencerkan hidrogen peroksida, hindari terkena pakaian karena dapat mengubah warna pakaian tersebut. 

Hidrogen peroksida vs benzoil peroksida

Benzoil peroksida merupakan zat kimia yang hampir mirip dengan hidrogen peroksida serta sama-sama diklaim mampu menyembuhkan jerawat. Benzoil peroksida mempunyai sifat anti inflamasi dan mampu mengelupas lapisan kulit paling luar sehingga membantu mengurangi keparahan jerawat. 

Sifatnya yang larut minyak memudahkan menembus sebum di lapisan kulit sehingga dapat bekerja lebih dalam di bagian pori-pori. Beberapa produk benzoil peroksida biasanya telah menambahkan jenis zat kimia lain sehingga dapat mencegah kerusakan kulit. 

Perbedaannya, benzoil peroksida cenderung lebih stabil dibandingkan hidrogen peroksida. Berdasarkan Journal of Cosmetic Science, paparan udara dan cahaya membuat hidrogen peroksida bersifat tidak stabil. Hal ini mengakibatkan kemampuan anti bakteri hidrogen peroksida menurun saat diaplikasikan ke kulit dengan kondisi terbuka.    

Read More

Memanfaatkan Air Akar Wangi untuk Merawat Kulit Wajah

Akar wangi umumnya dikenal sebagai ‘Khus’. Pada dasarnya, akar wangi merupakan jenis rumput yang berasal dari India. Bagian yang paling berguna dari akar wangi adalah akarnya. Pasalnya, ia mampu menguarkan aroma yang membuat nyaman indera penciuman, utamanya.

Akar wangi juga memiliki sifat antiseptik yang membantu menghentikan pertumbuhan bakteri tertentu. Komponen cicatrizing mempercepat hilangnya bekas luka pada kulit, menghentikan infeksi kulit dan membantu menyembuhkan luka-luka itu dengan cepat.

Oleh karena itu, tak salah lagi jika akar wangi juga memiliki manfaat dalam hal kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut di antaranya:

  • Melembabkan Kulit:

Minyaknya memberikan nutrisi pada kulit sekaligus berfungsi untuk melembabkan dan mengatasi kulit kering.

  • Mengencangkan:

Akar wangi membantu kulit terlihat lebih kencang dan awet muda.

  • Melindungi Kulit

Seperti kebanyakan minyak nabati, akar wangi mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan polusi.

  • Aromanya Dapat Merileksan Kulit:

Aroma akar wangi dapat membantu meringankan pikiran. Itu adalah salah satu efek samping yang menyenangkan saat menggunakan produk perawatan kulit dari akar wangi.

  • Anti Aging:

Semua kandungan yang dimiliki menjadikan akar wangi sebagai tambahan yang sempurna untuk formula anti-penuaan, sekaligus melembabkan kulit secara maksimal.

Anda dapat memanfaatkan akar wangi menjadi produk kecantikan atau make up setelah mengubahnya menjadi bentuk yang lain. Nah, akar wangi bisa digunakan sebagai:

  • Facial Mist

Air akar wangi dapat digunakan sebagai toner untuk menyegarkan kulit Anda dalam cuaca panas dan lembab ini. Aromanya yang segar dan menenangkan membantu menenangkan kulit Anda di hari yang penuh dengan tekanan.

  • Masker Wajah

Air akar wangi memiliki sifat dingin, yang akan bekerja seperti magic pada kulit Anda, menjadikannya lembut, kenyal, dan bening. Ambil dua sendok makan bubuk cendana dan campur dengan air akar wangi. Oleskan ke seluruh wajah dan leher Anda. Biarkan selama beberapa menit dan cuci bersih.

Masker ini akan menyembuhkan jerawat Anda dan merawat kulit Anda yang rusak karena sinar matahari. Selain itu air akar wangi juga akan meremajakan sel-sel kulit Anda dan membuat kulit terasa halus.

  • Mousturizer

Kulit kita dapat mengalami dehidrasi secara amat cepat lantaran cuaca panas di luar. Akar wangi terkenal karena kapasitas penampung airnya yang tinggi. Oleh karena itu, ia bekerja sangat baik pada kulit kering dan dehidrasi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyemprotkan air akar wangi ketika Anda merasa kulit Anda terlihat kusam, lelah, dan dehidrasi.

  • Sebagai Exfoliator atau Scrub

Akar wangi ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagi scrub untuk meregenerasi kulit. Scrub akar wangi dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dengan mudah tanpa menyebabkan kulit kasar. Untuk memakainya, pastikan untuk merendamnya dalam air selama beberapa menit. Anda pasti akan menyukai aroma yang menyenangkan dari air akar wangi tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Air Akar Wangi?

Nah, setelah mengetahui manfaat dan kegunaan apa saja yang bisa diandalkan dari akar wangi, kita mungkin saja mulai tertarik untuk mencoba manfaatnya. Anda bisa mulai dengan membuat air akar wangi.

Cara ini cukup sederhana, dan Anda bisa membuatnya di rumah. Yang Anda butuhkan hanyalah akar akar wangi, wadah, beberapa irisan lemon dan air.

  • Tempatkan beberapa akar wangi di bagian wadah yang telah disiapkan.
  • Isi setengah dari wadah tersebut dengan air matang dan sisanya dengan air dingin.
  • Biarkan selama beberapa jam.
  • Kemudian, tambahkan beberapa irisan lemon ke dalam air.
  • Simpan pada botol semprot dan siap digunakan.

***

Sebagai tanaman yang memiliki manfaat bagi manusia atau biasa disebut herbal. Akar wangi, memiliki kriteria yang cukup meyakinkan. Selain begitu aman ketika digunakan, tidak beracun, tidak menyebabkan kepekaan, dan tidak menyebabkan iritasi, akar wangi seakan menjadi tanaman yang serba lengkap.

Read More