Category Hidup Sehat

Penyebab Jerawat di Hidung yang Perlu Diketahui

Hidung merupakan salah satu area wajah yang kerap kali menjadi tempat munculnya jerawat, jika seseorang mengalami kondisi ini terutama di bagian dalam bisa menjadi pertanda adanya infeksi pada indera penciuman seseorang. Sementara itu, penyebab jerawat di hidung ada beberapa macam dan cara pengobatannya pun beragam.

jerawat di hidung

Jerawat yang muncul di hidung atau sekitar wajah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Walaupun tidak terlihat di bagian wajah lain, jerawat pada hidung bagian dalam juga harus diatasi dengan tepat.  Pasalnya, apabila tidak segera diobati atau bahkan tidak diobati maka kuman di hidung dapat menyebar ke otak.

Penyebab Jerawat di Hidung

Berbagai jerawat yang muncul dan apa pun jenisnya dihasilkan dari terumbatnya pori-pori oleh minyak berlebih, kotoran dan sel-sel kulit mati. Penyumbatan yang muncul kemudian menjadi komedo, apabila bakteri masuk ke dalam kulit komedo akan meradang dan menjadi papula atau jerawat kemerahan, berikut beberapa penyebab jerawat muncul di hidung.

  • Pori-pori Tersumbat

Area hidung pada umumnya punya pori-pori yang lebih lebar dan memproduksi lebih banyak minyak, ini membuat hidung menjadi area acne prone atau rawan muncul jerawat. Kondisi ini terjadi karena produksi minyak berlebih dan masuknya bakteri ke dalam pori-pori yang tersumbat, inilah yang menghasilkan komedo dan jerawat.

  • Rambut Tumbuh ke Dalam

Aktivitas waxing atau mencabut bulu di area wajah juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat di hidung. Keadaan ini muncul karena rambut atau bulu di area hidung tumbuh kembali ke dalam lapisan kulit.

  • Nasal Vestibulitis

Vestibulitis hidung merupakan suatu kondisi di mana terjadinya infeksi akibat bakteri pada area hidung bagian depan atau bagian depan rongga hidung. Kondisi ini bisa terjadi ketika seseorang mengupil, mengeluarkan napas secara berlebih atau melakukan tindik kuping. Bakteri Staphylococcus atau stap menyebabkan benjolan di dalam hidung.

  • Nasal Furuncles

Furunkel pada hidung merupakan infeksi bakteri yang terjadi pada bagian dalam rongga hidung, keadaan kini terkadang dapat menyebabkan seluitis, atau infeksi kulit yang bisa menyebar ke aliran darah, tentunya kondisi ini bisa membahayakan jika tidak segera ditangani.

Cara Mengatasi Jerawat di Hidung

  • Perhatikan Tipe Jerawat

Apabila jerawat yang muncul di hidung adalah tipe acne vulgaris, terdapa beberapa langkah mudah untuk bisa mengatasi kondisi tersebut. Gunakan air hangat dan handuk bersih untuk membilas wajah dan menghilangkan minyak berlebih, lalu gunakan es batu untuk mengurangi peradangan, bisa oleskan salep atau acne patch.

  • Eksfoliasi

Cara ini dipakai untuk membantu proses regenerasi kulit, ketika jerawat di hidung muncul pilih bahan eksfoliasi yang lebih gentle seperti asam salisilat, asam laktat atau asam glikolat. Beberapa bahan ini digunakan untuk mengatasi jerawat secara bertahap dan lembut untuk membuka pori-pori.

  • Skincare Bahan Retinol

Memakai serum atau produk kecantikan berbahan retinol di malam hari dapat sangat membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Termasuk jerawat, retinol bisa mempercepat pergantian sel kulit dan membantu mengembalikan siklus kulit yang sehat dan mengurangi jumlah kulit mati di permukaan dan mengatasi penyebab jerawat di hidung.

Kondisi inilah yang secara bertahap mampu mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat, apabila dikombinasikan dengan obat oral maka perawatan ini diklaim mampu memberikan hasil yang fantasis. Termasuk penggunaan tetrasiklin karena sifat anti-inflamasi, sprionolakton untuk jerawat siklis dan sebagai anti-androgen.

Read More

Mengenal Glukoneogenesis

Glukoneogenesis adalah suatu proses yang terjadi di hati dan ginjal Anda.

Glukoneogenesis adalah suatu proses yang terjadi di hati dan ginjal Anda. Glukoneogenesis memasok kebutuhan glukosa plasma di antara waktu makan.  

Glukoneogenesis secara harfiah diterjemahkan sebagai ‘produksi glukosa baru’. Hal ini adalah jalur metabolik yang menghasilkan pembentukan glukosa dari substrat karbon non-karbohidrat seperti laktat, gliserol, dan asam amino glukogenik. 

Glukoneogenesis terjadi setelah sekitar 8 jam puasa ketika simpanan glikogen hati Anda mulai menipis dan sumber glukosa alternatif diperlukan. Proses ini terjadi terutama di hati dan ginjal.

Glukoneogenesis adalah salah satu kontributor utama hiperglikemia yang terlihat pada pasien diabetes sebagai sel yang ‘merasa’ kekurangan nutrisi sehingga mengirimkan sinyal hormonal untuk meningkatkan kadar glukosa dalam darah melalui glukoneogenesis.

Glukoneogenesis “berakhir” pada produksi molekul yang dikenal sebagai glukosa 6-fosfat. Glukosa 6-fosfat kemudian dapat disimpan tubuh Anda sebagai glikogen, atau dipecah dalam satu langkah terakhir menjadi glukosa bebas, sebuah reaksi yang dikatalisis oleh enzim yang dikenal sebagai glukosa 6-fosfatase yang ada di retikulum endoplasma mitokondria

Mekanisme glukoneogenesis digunakan untuk membersihkan produk metabolisme jaringan lain dari darah, misalnya: Laktat, diproduksi oleh otot dan eritrosit serta gliserol, yang secara terus menerus diproduksi oleh jaringan adiposa.

Sebenarnya, glukoneogenesis tidak berbahaya, dan sebenarnya merupakan proses yang diperlukan yang memungkinkan tubuh Anda membuat bahan bakar sendiri untuk menjaga proses tubuh tetap berjalan.

Read More

Pentingnya Mengetahui Jenis Makanan Bayi dan Usia Konsumsinya

Makanan bagi bayi dan orang dewasa tentu berbeda. Bagi tubuh, kebutuhan nutrisi didapatkan salah satunya melalui makan dan minum. Makanan bayi sumber nutrisi utama adalah Air Susu Ibu (ASI). Pemberian ASI sebaiknya baru dihentikan setelah usia minimal 20 bulan. Selain ASI, terdapat Makanan Pendamping ASI (MPASI). MPASI adalah makanan padat yang dikonsumsi oleh bayi. Pemberian MPASI disarankan setelah bayi memasuki usia 6 bulan. 

Makanan bayi berusia 0-6 bulan

Untuk bayi berusia 0 hingga 6 bulan, dokter menyarankan untuk memberikan ASI secara ekslusif. Pemberian makanan padat berupa MPASI sebaiknya dihindari sebelum bayi menginjak usia 6 bulan. Mengapa demikian? Bayi yang belum berusia 6 bulan masih memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna. Dengan demikian, jika Anda memberi makanan padat selain ASI, pencernaan bayi masih belum bisa memprosesnya. Meski demikian, pada beberapa kasus, MPASI bisa dimulai sejak bayi berusia 4 atau 5 bulan. Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa bayi sudah siap menerima MPASI. Beberapa tanda yang muncul yaitu dapat menahan kepalanya, dapat duduk tegak, pemabahan berat badan signifikan, mulut membuka dan menutup ketika sendok didekatkan, dan memberikan sinyal lapar dengan berusaha meraih makanan. Selain itu, beberapa tanda yang tidak kalah pentingnya yaitu bayi bisa menelan makanan, dapat memindahkan makanan dari sendok ke mulut, dan berat badan minimal 6,5 kg. Tanda-tanda tersebut biasanya baru muncul setelah usia 6 bulan, meski demikian beberapa bayi memang bisa menerima MPASI lebih cepat yaitu usia 4 atau 5 bulan. 

Makanan bayi berusia 6-9 bulan

Saat bayi memasuki usia 6 bulan, Anda bisa mulai memberikan MPASI. Untuk sebulan pertama, Anda dapat memberikan puree dan bubur sereal. Puree adalah makanan yang dilembutkan. Untuk memastikan puree lembut, Anda juga bisa menyaringnya. Umumnya, puree MPASI untuk 6-9 bulan berbahan buah-buahan seperti pisang, pepaya, dan ubi. Selama pemberian MPASI, Anda juga tetap harus memberikan ASI untuk penunjang nutrisi pada bayi. Sesuai anjuran World Health Organization (WHO), tekstur puree sebaiknya dibuat tidak terlalu kental maupun terlalu cair. Pada usia 6-9 bulan, MPASI dapat diberikan 2 sampai 3 kali dalam sehari. 

Makanan bayi berusia 9-12 bulan

Saat bayi memasuki usia 9 bulan, pemberian MPASI dapat ditingkatkan sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Jenis MPASI yang diberikan juga bisa lebih beragam tergantung kesukaan bayi dan kebutuhan nutrisinya. Tekstur yang Anda buat pun bisa lebih kasar sebab pada usia ini, pencernaan bayi sudah bisa makan MPASI yang dicincang halus. Akan tetapi, pastikan Anda selalu memberi bayi porsi sedikit terlebih dahulu setiap memperkenalkan jenis makanan yang baru. Hal tersebut bertujuan untuk mengecek apakah bayi memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu atau enggak. Pada usia 9-12 bulan, bayi juga masih membutuhkan nutrisi tambahan berupa ASI meski tidak sebanyak pada rentang usia sebelum 9 bulan. 

Ketika telah memasuki usia MPASI, tidak semua bayi bersemangat untuk makan. Terdapat beberapa bayi yang tidak menyukai MPASI sehingga sering menolak ketika disuapi. Jika hal tersebut terjadi, jangan memaksa bayi untuk makan sebab bisa membuatnya semakin tidak suka MPASI dan dapat berakibat tersedak. Anda dapat memberikan MPASI sedikit demi sedikit saja, namun intensitas ditambah. Anda juga sebaiknya tidak memberi makanan terlalu banyak sebab dapat menyebabkan berat badan berlebih. Berikan MPASI secukupnya sesuai kebutuhan nutrisi harian bayi. 

Read More

Cek Masa Aktif Kartu BPJS Kesehatan Anda dengan Cara Berikut

Kartu BPJS Kesehatan? Sudah aktif belum, ya? Mungkin itu yang ada di benak Anda ketika melihat berita seputar keanggotaan kartu BPJS Kesehatan. Anda tentu akan merugi jika ternyata secara mendadak sakit dan tidak ada bantuan keringanan pembayaran, karena keanggotaan BPJS Kesehatan Anda belum aktif. Tenang saja, cara pengecekan status aktif kartu BPJS Kesehatan semakin mudah dan beragam. Simak informasinya berikut ini.

bpjs kesehatan

Cek masa aktif kartu BPJS Kesehatan

Terdapat beberapa jenis cara untuk mengecek masa aktif kartu BPJS Kesehatan. Pilihlah cara yang sesuai dengan kemampuan Anda.

  1. Melalui website

Kartu BPJS Kesehatan akan aktif dalam 14 hari setelah Anda melakukan pendaftaran. Berikut cara untuk mengecek status keanggotaan BPJS Kesehatan melalui website.

  • Akses laman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  • Masukkan nomor kartu BPJS, tanggal lahir, dan isi angka validasi. Selanjutnya, klik cek untuk melihat informasi status kartu keanggotaan Anda.
  • Akan muncul informasi mengenai akun Anda, seperti nama, nomor peserta, status keanggotaan, dan jumlah anggota keluarga.
  1.  Melalui pesan singkat atau SMS

Jika Anda lebih menyukai cara mengecek kartu BPJS Kesehatan melalui pesan singkat atau SMS, beberapa langkah yang dapat dilakukan, yaitu dengan mengetik:

  • NIK<spasi>Nomor Kependudukan (NIK 354563291000xxxx)
  • NOKA<spasi>Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA 0001570979xxx)
  • NIP<spasi>Nomor Induk Pegawai (NIP 19299992349999230xxx)
  • Lalu, kirimkan SMS tadi ke nomor layanan BPJS 08777-5500-400.
  1. Melalui telepon

Jika Anda lebih memilih untuk mengecek status kartu BPJS Kesehatan melalui telepon, Anda dapat melakukan panggilan ke call center BPJS Kesehatan di nomor 1500400. Sebelum melakukan panggilan, sebaiknya Anda mempersiapkan kartu identitas dan kartu BPJS Kesehatan lebih dulu untuk kelengkapan validasi data yang akan diproses.

Lalu, bagaimana cara mengecek status iuran kartu BPJS Kesehatan?

Sebagai anggota dari BPJS Kesehatan, tentu Anda memiliki kewajiban untuk membayar iuran BPJS Kesehatan yang telah ditentukan. Jika tidak, status keanggotaan kartu BPJS Kesehatan Anda dapat tertunda, sehingga Anda tidak dapat merasakan manfaat yang ditawarkan, karena fasilitas kesehatan tidak akan memproses kartu BPJS Kesehatan yang memiliki tunggakan pembayaran.

Di bawah ini, ada beberapa cara untuk mengetahui status iuran kartu BPJS Kesehatan yang dapat Anda lakukan.

  1. SMS

Cara sederhana untuk mengetahui iuran BPJS Kesehatan Anda melalui pesan singkat atau SMS yaitu dengan mengirimkan pesan menggunakan format TAGIHAN<spasi>Nomor Kartu BPJS Kesehatan, lalu kirim ke 087775500400 (Contoh: TAGIHAN 0001260945809). Jika ingin mengetahui format penulisan pesan, Anda dapat meminta bantuan dengan mengirimkan SMS HELP dan kirim ke 087775500400.

  1. Melalui aplikasi Mobile JKN

Jika Anda memiliki smartphone, Anda dapat mengunduh aplikasi Mobile JKN untuk memantau status iuran BPJS Kesehatan Anda. Caranya antara lain:

  • Unduh (download) dan instal aplikasi Mobile JKN
  • Buka aplikasi dan proses akun Anda dengan memasukkan data yang diminta.
  • Setelah masuk pada laman aplikasi, klik menu Tagihan.
  • Lihat rincian informasi tagihan pada menu Premi.
  1. Website

Cara terakhir untuk mengetahui status iuran kartu BPJS Kesehatan Anda yaitu dengan mengunjungi situs resmi BPJS https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ dan melakukan langkah berikut:

  • Kunjungi laman BPJS Kesehatan, pilih menu Cek Iuran
  • Masukkan data yang diminta (nomor kartu, tanggal lahir, dan angka validasi) dan lanjutkan klik menu Cek.
  • Rincian pembayaran akan muncul pada layar.
Read More

Beberapa Fungsi Rambut yang Tumbuh Pada Tubuh

Semua bagian pada tubuh manusia memiliki fungsi masing-masing, termasuk rambut yang tumbuh. Akan tetapi, Anda boleh mencukur rambut hingga habis jika memang menginginkannya. Hannya saja hal tersebut bisa membuat kulit rentan terhadap gesekan. Selain itu, rambut yang tumbuh pada masing-masing orang bisa berbeda dari segi warna, bentuk, ketebalan, serta kondisinya. Fungsi rambut adalah untuk melindungi kulit dari bakteri. Selain itu, masih terdapat banyak fungsi rambut lainnya sesuai dengan tempat tumbuhnya di tubuh. Berikut beberapa fungsi rambut yang sebaiknya Anda ketahui.

  • Fungsi rambut di kepala

Rambut di kepala merupakan jenis rambut yang paling sering diperhatikan daripada rambut di tempat lain. Hal ini dikarenakan fungsi rambut di kepala juga sebagai alat mempercantik diri. Fungsi lainnya adalah untuuk melindungi kulit kepala dari hawa dingin dan sengatan matahari.

  • Fungsi rambut di area mata

Selain di kepala, rambut di area mata juga sering diperhatikan terutama bagi para wanita. Rambut pada area mata meliputi alis dan bulu mata. Keduanya berfungsi untuk menahan keringat dadn air hujan agar tidak masuk ke dalam mata.

  • Fungsi rambut di perut, dada, kumis, dan janggut

Rambut bisa tumbuh pada bagian perut dan dada, meski tidak dialami oleh semua orang. Umumnya yang memiliki rambut di area ini adalah laki-laki. Selain itu, terdapat pula kumis dan jenggot. Pada perempuan, kumis dan jenggot bisa tumbuh namun jarang bisa selebat pada kulit laki-laki. Rambut di berbagai bagian kulit tersebut berfungsi sebagai penanda bahwa laki-laki telah dewasa. Selain itu, rambut tersebut juga bisa menjadi pembeda antara laki-laki dan perempuan secara biologis.

  • Fungsi rambut di ketiak

Fungsi rambut manusia ada banyak, termasuk rambut di ketiak. Fungsi rambut diketiak adalah untuk mengurangi gesekan yang terjadi. Selain itu, rambut di ketiak dapat melepaskan aroma yang mengandung feromon seehingga membuat seseorang lebih atraktif secara seksual.

  • Fungsi rambut hidung

Tentunya Anda menyadari bahwa terdapat rambut di dalam hidung. Rambut di hidung berfungsi sebagai penyaring alami. Dengan begitu, debu dan bakteri tidak mudah masuk sebab terhambat rambut pada hidung.

  • Fungsi rambut pada kulit kaki dan tangan

Rambut pada kulit tangan dan kaki disebut dengan bulu tangan dan bulu kaki dan memiliki fungsi tertentu. Fungsi pertama yaitu sebagai pengatur suhu tubuh. Bulu tangan dan kaki memiliki peran dalam pengendalian temperatur badan. Rambut di permukaan kulit akan membantu mendinginkan tubuh ketika Anda sedang beraktivitas. Fungsi kedua yaitu sebagai sensor tubuh. Dengan adanya rambut di kulit maka Anda dapat merasakan sakit, sentuhan, serta temperatur benda yang tersentuh. Hal ini berguna untuk menentukan respon seseorang terhadap sesuatu yang bersinggungan dengan kulitnya.

  • Fungsi rambut kemaluan

Rambut di kemaluan juga memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan seperti rambut di ketiak. Fungsi lainnya adalah dapat melindungi area kemaluan dari bakteri. Foliker rambut di kemaluan memproduksi sebum, jenis minyak yang mencegah bakteri berkembang. Rambut di kemaluann juga berperan dalam melindungi area selangkangan dari infeksi.

                Agar fungsi rambut maksimal, Anda perlu melakukan perawatan. Pemberian nutrisi yang seimbang dapat membuat rambut di kulit menjadi lebih sehat dan bermanfaat. Selain itu, jaga kebersihan secara teratur agar terhindar dari kuman dan bakteri. Jika rambut di tubuh Anda sulit tumbuh dan Anda menginginkannya, berikan sampo atau minyak khusus penumbuh rambut. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk meminimalisir reaksi alergi dan iritasi.

Read More

5 Cara Alami untuk Membasmi Jerawat di Bibir

Tahukah Anda bahwa jerawat tidak hanya muncul di wajah? Jerawat bisa muncul di kulit kepala, punggung, dan juga bibir. Penyebabnya bisa berbeda-beda. Jerawat di bibir biasanya hanya muncul satu atau dua saja, tidak sebanyak di punggung atau muka. Meski demikian, jerawat di bibir bisa sangat mengganggu aktivitas seperti makan dan berbicara.

Penyebab jerawat di bibir

Jerawat yang muncul di bibir terkadang bisa terasa sangat perih. Penyebabnya berbeda dengan jerawat yang muncul di area kulit lain. Berikut penyebab munculnya jerawat di bibir.

  1. Iritasi kosmetik

Penyebab munculnya jerawat di bibir yang paling sering adalah iritasi kosmetik. Kandungan di dalam kosmetik yang digunakan tidak cocok dengan kulit Anda sehingga menimbulkan reaksi berupa munculnya jerawat di bibir.

  • Perubahan hormon tubuh

Perubahan hormon bisa menyebabkan munculnya jerawat pada bibir. Perubahan hormon bisa terjadi saat masa kehamilan, menopause, pubertas, siklus menstruasi, atau kondisi medis badan ketika mengonsumsi obat tertentu.

  • Penggunaan lip balm yang berulang

Menggunakan lip balm berulag-ulang juga merupakan penyebab jerawat di bibir. Jika cuaca sedang panas, kadang Anda tidak sadar menggunakan lip balm berulang-ulang. Menumpuk lip balm di bibir bisa menimbulkan jerawat karena bibir mengalami peradangan.

Cara alami mengatasi jerawat di bibir

Berbeda dengan obat dokter, menggunakan bahan alami membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyembuhkan jerawat di bibir. Penggunaannya pun harus lebih sering dan rutin. Umumnya penggunaan bahan alami diulang 3 kali sehari secara rutin dalam waktu seminggu untuk mengatasi jerawat di bibir hingga tuntas. Berikut ini 5 cara alami untuk mengatasi jerawat di bibir yang bisa Anda coba.

  1. Kompres dengan air hangat

Cara paling mudah untuk mengatasi jerawat di bibir adalah dengan mengompresnya. Gunakan kapas yang dibasahi air hangat kemudia tempelkan pada jerawat di bibir. Hal ini berguna untuk mengurangi nyeri, mengeringkan nanah, serta membantu mengeluarkan minyak yang menyumbat pori-pori. Meski terlihat sangat sederhana, menompres jerwat di bibir dengan air hangat cukup efektif untuk dilakukan.

  • Gunakan Madu

Anda bisa menggunakan bahan alami seperti madu untuk mengatasi jerawat di bibir. Kandungan antibakterinya membantu mengobati kondisi kulit yang memburuk. Oleskan madu pada jerawat di bibir. Diamkan beberapa menit kemudian bilas. Lakukan berulang kali agar efek maksimal.

  • Tea tree oil bisa membantu

Minyak esensial andalan kulit adalah tea tree oil. Fungsinya cukup banyak termasuk membantu mengatasi jerawat pada bibir. Jika Anda tidak memiliki alergi terhadap tea tree oil, Anda bisa langsung mengoleskannya pada jerawat di bibir. Akan tetapi, alangkah baiknya tes terlebih dahulu dengan cara mengoleskan tea tree oil di lengan. Tunggu reaksinya hingga 24 jam. Beberapa kulit sensitif bisa menunjukkan gejala alergi setelah 24 jam.

  • Gunakan tomat

Menggunakan tomat juga bisa jadi cara ampuh membasmi jerawat di bibir. Caranya cukup sederhana. Oleskan tomat yang sudah dihaluskan pada jerawat di bibir. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelahnya bilas menggunakan air hangat.

  • Membuat adonan kunyit

Cara alami terakhir yang bisa Anda coba yaitu dengan adonan kunyit. Anda bisa membuat adonan kunyit menggunakan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan beberapa tetes air. Aduk rata hingga membentuk pasta. Oleskan pada jerawat di bibir dan diamkan hingga mengering. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Adonan kunyit cukup efektif membasmi jerawat di bibir sebab terdapat kandungan antioksidan dan antiradang di dalamnya.

Meski menggunakan bahan alami terbukti ampuh menghilangakan jerawat di bibir, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Kondisi masing-masing kulit berbeda, sehingga bahan alami yang digunakan pun belum tentu cocok. Jerawat di bibir juga bisa dicegah dengan memastikan produk kosmetik yang digunakan aman bagi bibir. Selain itu, gunakan petrolium jelly dan lip balm secukupnya saja agar tidak membuat iritasi dan menimbulkan jerawat di bibir. 

Read More

Cara Alami Atasi Uban di Usia Muda

Selain keriput, salah satu tanda penuaan yang paling populer adalah tumbuhnya uban atau rambut putih di kepala. Namun, masalahnya banyak orang yang mendapati uban di usia muda. Kondisi ini tentunya bisa mempengaruhi penampilan seseorang.

uban di usia muda

Ada banyak faktor yang memungkinkan seseorang mendapati uban di usia muda. Genetik memagang peran yang penting, tetapi lebih dari itu, kebiasaan dan pola hidup seseorang juga menjadi penyebab utama terjadinya kondisi tersebut.

Untuk menghindari atau mengatasi uban di usia muda tersebut, seseorang harus melakukan berbagai cara. Di bawah ini terdapat beberapa cara alami yang dapat menjawab masalah tersebut, di antaranya:

  • Pintar Memilah Makanan

Salah satu cara mencegah uban di usia muda yaitu memperhatikan asupan makanan. Makanan yang sarat kandungan vitamin B12 dinilai ampuh membuat seseorang terhindar dari kondisi ini.

Vitamin B12 memiliki manfaat untuk mempertahankan kesehatan kulit kepala dan memulihkan rambut agar tidak sampai beruban. Vitamin B12 banyak terkandung dalam keju, alpukat, plum, jeruk, dan cranberry.

  • Beri Perhatian pada Biotin

Makanan sumber biotin seperti oat dan almond dapat membantu mempertahankan warna hitam rambut. Konsumsilah makanan-makanan tersebut apabila Anda ingin menghilangkan uban di usia muda.

  • Aplikasikan Minyak Almond atau Minyak Zaitun

Kedua minyak ini mampu menutrisi kulit kepala. Kebiasaan malas meminyaki rambut dengan bahan alami, seperti minyak almond atau minyak zaitun bisa menyebabkan folikel rambut lemah sehingga menyebabkan rambut menjadi putih, tipis, dan kusam.

Seseorang tak harus terpaku kepada dua jenis minyak alami ini, sebab masih banyak deretan minyak herbal lain yang dapat memperbaiki rambut rusak, termasuk tumbuhnya uban di usia muda.

  • Hindari Sengatan Matahari Langsung

Salah satu penyebab munculnya uban di usia muda adalah rambut terlalu sering terpapar oleh sengatan panas matahari. Menjadi masuk akal jika menggunakan pelindung kepala, seperti topi atau payung, dapat menjadi cara terhindar dari kondisi tersebut.

Selain itu, panas yang berasal dari air panas, hair dryer, hingga catokan rambut juga menjadi faktor tumbuhnya uban di usia muda. Ada baiknya seseorang segera mengurangi kebiasaan ini untuk menghindari uban yang ada tumbuh semakin banyak.

  • Hindari Stres

Ada begitu banyak dampak stres bagi kesehatan manusia, salah satunya adalah menipiskan sel induk dari pangkal folikel rambut. Tak hanya itu, stres berkepanjangan juga dapat menyebabkan penuaan datang lebih cepat, termasuk pada rambut. Dikatakan stres 3 kali lebih cepat menyebabkan penuaan dini.

Oleh sebab itu, kendalikan stres sebaik mungkin untuk mengatasi uban di usia muda. Anda dapat melakukan meditasi untuk mengurangi stres dan membuat pikiran lebih tenang.

  • Jangan Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit dan rambut dengan cepat. Tak hanya membuat sesak di dada, merokok ternyata dapat mempercepat timbulnya keriput di kulit, termasuk kulit kepala.

Oleh sebab itu, berhenti merokok merupakan langkah yang tepat untuk membantu menghambat munculnya uban lebih banyak pada rambut. Sehingga Anda akan tampak awet muda.

  • Teh dan Kopi Bisa Jadi Pewarna Rambut Alami

Apabila uban telah muncul dan Anda ingin mengatasinya dengan bahan alami, maka menggunakan teh atau kopi sebagai cat rambut alami adalah pilihan yang tepat. Cara ini tentu dapat Anda coba.

Caranya, didihkan kopi atau teh selama 15 menit, biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan minyak alami ke dalamnya. Cuci rambut secara teratur menggunakan air tersebut untuk mengubah rambut putih Anda atau uban menjadi kembali hitam secara alami.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan seseorang untuk mengatasi masalah pada rambutnya. Uban kadang membuat seseorang tidak percaya diri lantaran terkesan dan terlihat lebih tua dari usia seharusnya.

Oleh karenanya, uban di usia muda sebaiknya segera Anda atasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau bisa, hindari sekalian kondisi ini karena setiap orang punya potensi mendapati uban di usia muda.

Read More

Amankan Antidepresan Trisiklik untuk Mengobati Depresi?

Apakah Anda tahu bahwa untuk mengobati gangguan kesehatan mental membutuhkan obat khusus? Dalam dunia medis, obat khusus ini disebut dengan antidepresan yang terbagi menjadi beberapa kategori, salah satunya antidepresan trisiklik.

Antidepresan trisiklik (TCA) atau yang juga dikenal dengan antidepresan sering kali direkomendasikan untuk mengatasi masalah depresi. Ditemukan pertama kali pada tahun 1950-an, obat TCA menjadi salah satu antidepresan yang pertama kali ditemukan. Umumnya, dokter akan meresepkan obat ini jika tubuh pasien tidak menerima antidepresan dari kategori lain. Meskipun dianggap sebagai antidepresan yang efektif untuk mengobati depresi, TCA jarang direkomendasikan untuk menangani depresi lini pertama. Pasalnya, antidepresan trisiklik mengalami efek samping yang cukup serius.

Penggunaan antidepresan trisiklik (TCA) tidak hanya ditujukan untuk menangani depresi, namun juga beberapa kondisi gangguan kesehatan, seperti:

  • Migrain
  • Penyakit Parkinson
  • Rasa nyeri yang kronis
  • Gangguan obsesif-kompulsif
  • Gangguan kepanikan
  • Masalah kesehatan mental bipolar
  • Fibromyalgia
  • Gangguan stres pascatrauma
  • Adanya permasalahan pada pemusatan perhatian dan hiperaktivitas
  • Masalah kecemasan
  • Gangguan dismorfik tubuh

Apa saja jenis antidepresan trisiklik untuk mengobati depresi?

Secara umum, terdapat beberapa antidepresan trisiklik yang umumnya digunakan, yaitu:

  • Trimipramin
  • Protriptylin
  • Nortriptylin
  • Doksepin
  • Desipramin
  • Amoksapin
  • Amitriptylin
  • Maprotilin
  • Imipramin

Bagaimana cara kerja antidepresan trisiklik?

Cara kerja antidepresan trisiklik, yaitu dengan mempertahankan kadar serotonin dan norepinefrin yang ada dalam otak. Kedua senyawa ini berkaitan erat dengan perasaan bahagia dan berperan penting dalam menjaga suasana hati tetap dalam kondisi stabil. Menjaga keseimbangan kadar serotonin dan norepinefrin tadi, berguna untuk memperbaiki suasana hati pasien.

Meskpin begitu, antidepresan trisiklik juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai. Sebagai contoh, beberapa pasien mungkin akan mengalami pergerakan otot, termasuk otot di sekitar sistem pencernaan, secara tidak normal di luar kesadarannya. Diketahui juga, bahwa antidepresan trisiklik dapat menghambat efek histamin yang merupakan salah satu senyawa dari sistem imun tubuh.

Apa saja efek samping antidepresan trisiklik terhadap pasien?

Efek samping yang disebabkan oleh penggunaan antidepresan trisiklik akan berbeda-beda, tergantung pada jenis obatnya itu sendiri. Meskipun begitu, terdapat beberapa efek samping antidepresan trisilik yang telah diketahui:

  • Mual
  • Mulut kering
  • Adanya kenaikan berat badan, khususnya jika mengonsumsi jenis obat amitriptyline, imipramine, dan doksepin
  • Mengalami permasalahan penglihatan, seperti pandangan kabur
  • Tekanan darah rendah
  • Pusing atau sakit kepala
  • Adanya disfungsi seksual
  • Kelelahan
  • Retensi urin
  • Mengalami disorientasi, yaitu ketika seseorang tidak mampu untuk merespons terhadap apa yang terjadi di sekitarnya.
  • Sembelit
  • Kejang, khususnya untuk penggunaan obat maprotilin
  • Rasa kantuk

Apakah antidepresan trisiklik dapat dikonsumsi oleh setiap orang?

Bagi sebagian orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti:

  • Masalah tiroid
  • Masalah pada jantung
  • Glaukoma sudut tertutup
  • Retensi urin
  • Pembesaran prostat

antidepresan trisiklik dapat memperparah permasalahan kesehatan tersebut. Selain itu, TCA juga diketahui dapat memengaruhi kadar gula darah. Penggunaan antidepresan trisiklik pada pasien diabetes perlu untuk diperhatikan secara khusus, termasuk lebih sering waspada terhadap kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, bagi ibu hamil dan menyusui, penggunaan antidepresan trisiklik perlu untuk didiskusikan dengan dokter terlebih dahulu agar tidak menimbulkan komplikasi kandungan yang membahayakan kesehatan janin dan sang ibu.

Read More

Mempelajari Tes Gamma GT

Tes gamma GT (glutamyl transferase) merupakan jenis tes yang dilakukan untuk mengukur kadar enzim gamma-glutamyl transferase (GGT) dalam darah manusia

tes gamma gt

Mengapa Tes Gamma GT Diperlukan?

Tes tersebut dapat dilakukan untuk membersihkan zat beracun dari dalam tubuh manusia. Tidak hanya itu, tes gamma GT juga dapat membantu dokter mengevaluasi fungsi hati pasien.

Tes gamma GT tidak dapat dilakukan sebagai pemeriksaan rutin, namun tes tersebut dapat dilakukan untuk menentukan penyebab seseorang memiliki kadar enzim alkaline phosphatase (ALP) yang tinggi.

Jika pasien mengalami gangguan pada fungsi hati, kadar enzim GGT dan ALP akan meningkat, dan hanya kadar ALP yang meningkat pada orang yang mengalami gangguan jaringan tulang. Oleh karena itu, tes gamma GT dapat dilakukan untuk mengetahui apakah kadar ALP meningkat berkaitan dengan masalah hati atau gangguan pada tulang.

Tes gamma GT diperlukan bagi seseorang yang mengalami gejala akibat gangguan hati yang meliputi:

  • Penurunan nafsu makan.
  • Merasa lemas.
  • Sakit perut.
  • Mual hingga muntah.
  • Kulit gatal.
  • Penyakit kuning.
  • Warna urine yang pekat.

Tidak hanya oleh orang yang mengalami gejala di atas, tes gamma GT juga dapat dilakukan oleh orang-orang yang sering mengkonsumsi alkohol. Gangguan fungsi hati bisa saja terjadi karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

Persiapan Sebelum Melakukan Tes Gamma GT

Jika Anda mengalami gangguan pada hari, Anda sebaiknya periksa diri ke dokter. Dokter dapat membantu mengatasi kondisi Anda dengan melakukan tes gamma GT. Sebelum melakukan tes gamma GT, Anda diminta untuk berpuasa minimal 8 jam sebelum melakukan prosedur medis tersebut. Kadar enzim GGT akan menurun setelah manusia mengkonsumsi makanan.

Anda juga akan diminta untuk tidak mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu sebelum melakukan tes gamma GT.

Langkah-Langkah Untuk Melakukan Tes Gamma GT

Setelah melakukan persiapan di atas, Anda dapat melakukan tes gamma GT. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan tes gamma GT:

  • Petugas medis akan membersihkan bagian penusukan jarum dengan cairan antiseptik untuk mencegah infeksi. Pengambilan darah biasanya dilakukan di bagian dalam siku pasien.
  • Tali elastis atau torniket akan dipasang di bagian lengan atas pasien untuk membendung darah supaya pembuluh darah vena mudah dilihat.
  • Ketika vena ditemukan, jarum suntik akan ditusukkan ke dalam pembuluh darah vena pasien.
  • Setelah itu, tabung khusus dipasang di belakang jarum untuk menampung darah pasien.
  • Setelah mengumpulkan sampel darah, torniket dan jarum akan dilepas.
  • Bagian penusukan akan dibersihkan, kemudian ditutup dengan plester steril.

Hasil Dari Tes Gamma GT

Untuk mendapatkan hasil tes gamma GT yang normal, kadarnya harus berada di antara 0 hingga 30 unit per liter (U/L). Pasien mungkin dapat menunjukkan hasil yang lebih tinggi dari 30 U/L, namun kadar GGT berbeda bagi setiap pasien, dan tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Pasien yang memiliki kadar GGT tinggi menunjukkan adanya masalah pada hati. Pasien mungkin mengalami kondisi sebagai berikut:

  • Hepatitis.
  • Sirosis hati.
  • Penyakit jantung kongestif.
  • Sindrom metabolik.
  • Diabetes melitus.
  • Pankreatitis.

Jika pasien mengalami peningkatan pada kadar enzim ALP, namun tidak ada peningkatan kadar enzim GGT, hal tersebut menunjukkan bahwa pasien mungkin mengalami penyakit tulang.

Jika hasil tes gamma GT pasien tidak normal atau menunjukkan adanya masalah seperti yang disebutkan di atas, dokter akan melakukan pemeriksaan kepada pasien seperti tes kadar bilirubin dan USG untuk mengevaluasi hati dan empedu pasien.

Komplikasi

Pasien yang melakukan tes gamma GT dapat menyebabkan komplikasi berupa nyeri, perdarahan, memar, dan infeksi.

Kesimpulan

Tes gamma GT merupakan tes yang dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi hati pasien. Prosedur tes tersebut sederhana. Jika pasien menerima hasil yang tidak bagus pada tes gamma GT, pasien perlu melakukan pemeriksaan lain. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat tanyakan persoalan tersebut kepada dokter.

Read More

Penting! Inilah Cara Menggunakan Fasilitas BPJS Ibu Hamil

Ibu hamil, tentunya salah satu hal yang menjadi perhatian penting adalah biaya yang dikeluarkan selama masa kehamilan hingga proses persalinan tiba. Nah, untuk membantu pengeluaran ini, tidak ada salahnya Anda menggunakan layanan BPJS ibu hamil. Yaps, ibu hamil bisa menggunakan fasilitas BPJS kesehatan untuk membantu biaya perawatan selama kehamilan hingga melahirkan. Tentunya, agar layanan BPJS ibu hamil dapat digunakan, harus mengikuti ketentuan dan prosedur yang berlaku. Seperti apa sih prosedurnya? Mari kita telusuri di sini!

bpjs ibu hamil

Tata cara menggunakan layanan kesehatan BPJS ibu hamil.

Untuk mempermudah proses menggunakan layanan BPJS kesehatan, ibu hamil harus memperhatikan tata caranya. Adapun langkah-langkah menggunakan BPJS ibu hamil adalah sebagai berikut.

  1. Mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama sesuai kebutuhan.

Apabila ibu hamil ingin memeriksakan kehamilannya secara rutin, maka dapat mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) terdekat. Umumnya, FKTP ini sudah tertera pada kartu BPJS ibu hamil. Faskes tingkat pertama dapat berupa puskesmas, dokter perorangan, klinik swasta, maupun bidan.

Jika ibu hamil akan melahirkan, maka segeralah kunjungi FKTP terdekat. Untuk persalinan yang normal tanpa gangguan, Anda dapat langsung diproses oleh FKTP tersebut tanpa ada rujukan ke rumah sakit lainnya. Namun, apabila persalinan membutuhkan tindakan lanjut atau tidak dapat dilakukan secara normal, maka akan dirujuk ke faskes tingkat kedua. Tentunya, fasilitas kesehatan tingkat kedua memiliki peralatan medis yang lebih memadai untuk menangani hal tersebut.

Selanjutnya, ibu hamil yang mengalami kondisi darurat, seperti perdarahan, ketuban pecah, kejang, atau lainnya yang berisiko tinggi untuk ibu dan janin, maka bisa langsung dibawa ke rumah sakit terdekat tanpa harus melalui faskes tingkat pertama. Hal ini bertujuan memberikan pertolongan segera untuk ibu dan janin, serta mencegah risiko yang lebih buruk terjadi.

  • Siapkan dokumen-dokumen penting.

Dokumen-dokumen ini diperlukan sebagai persyaratan pencairan dana subsidi BPJS ibu hamil. Anda bisa menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan jauh-jauh hari. Ini untuk mencegah kehilangan dokumen penting yang diperlukan untuk menggunakan BPJS kesehatan. Selain itu, jika nanti HPL tiba, Anda tidak perlu repot lagi menyiapkan semua dokumen tersebut.

  • Kartu identitas diri atau KTP dan fotokopinya.
  • Kartu BPJS dan fotokopinya.
  • Kartu keluarga (KK) dan fotokopinya.
  • Buku kesehatan ibu dan janin.
  • Surat rujukan dari FKTP jika ada.

Untuk surat rujukan, hanya bisa diperoleh apabila ibu hamil mengunjungi FKTP dan ternyata, kondisinya tidak dapat ditangani dengan peralatan medis FKTP. Surat rujukan berlaku selama 1 bulan untuk tiga kali pemeriksaan. Jika ternyata ibu hamil membutuhkan lebih dari masa tersebut, maka perlu diurus kembali dari FKTP terdekat.

  • Biaya yang ditanggung oleh BPJS kesehatan.

Seperti yang kita ketahui, tidak semua biaya dapat ditanggung oleh BPJS. Oleh sebab itu, Ibu hamil harus tahu jumlah dana yang dapat disubsidi oleh BPJS ibu hamil. Jika ternyata ibu hamil membutuhkan biaya perawatan lebih dari dana subsidi, maka dapat dipersiapkan dari jauh hari.

Pemeriksaan antenatal care (ANC) atau sebelum persalinan.

  • 1 paket dengan maksimal 4 kali kunjungan yang dilakukan pada satu tempat sebesar Rp200.000,-
  • Pemeriksaan ANC dilakukan pada tempat yang berbeda sebesar Rp50.000,- per pemeriksaan kunjungan.

Proses persalinan normal.

  • Tenaga bidan sebesar Rp700.000,-
  • Tenaga dokter sebesar Rp 800.000,-
  • Persalinan normal membutuhkan tindakan PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi) dari puskesmas sebesar Rp950.000,-.

Persalinan dirujuk ke faskes tingkat II.

  • Ibu hamil akan dikenakan subsidi berdasarkan kelas rumah sakit, regional rumah sakit, kelas perawatan, kepemilikan rumah sakit, dan tingkat keparahan kondisi ibu hamil.
  • Umumnya, ibu hamil tidak dikenakan biaya tambahan lagi jika sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Pemeriksaan postnatal care (PNC) atau setelah melahirkan.

  • Pelayanan dari puskesmas sebesar Rp175.000,-
  • Satu kali kunjungan ibu nifas ketiga dan satu kali kunjungan bayi baru lahir (usia 0-28 hari) ketiga sebesar Rp25.000,- per kunjungan.

Inilah beberapa persyaratan dan prosedur yang harus dipersiapkan jika ingin menggunakan fasilitas BPJS ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil jarang menggunakan layanan pemeriksaan postnatal atau setelah melahirkan, padahal dapat ditanggung dengan BPJS kesehatan juga. Sekarang, Anda dapat memanfaatkan seluruh layanan BPJS kesehatan untuk ibu hamil tanpa perlu khawatir lagi dengan tingginya biaya melahirkan.

Read More