Cara Alami Atasi Uban di Usia Muda

Selain keriput, salah satu tanda penuaan yang paling populer adalah tumbuhnya uban atau rambut putih di kepala. Namun, masalahnya banyak orang yang mendapati uban di usia muda. Kondisi ini tentunya bisa mempengaruhi penampilan seseorang.

uban di usia muda

Ada banyak faktor yang memungkinkan seseorang mendapati uban di usia muda. Genetik memagang peran yang penting, tetapi lebih dari itu, kebiasaan dan pola hidup seseorang juga menjadi penyebab utama terjadinya kondisi tersebut.

Untuk menghindari atau mengatasi uban di usia muda tersebut, seseorang harus melakukan berbagai cara. Di bawah ini terdapat beberapa cara alami yang dapat menjawab masalah tersebut, di antaranya:

  • Pintar Memilah Makanan

Salah satu cara mencegah uban di usia muda yaitu memperhatikan asupan makanan. Makanan yang sarat kandungan vitamin B12 dinilai ampuh membuat seseorang terhindar dari kondisi ini.

Vitamin B12 memiliki manfaat untuk mempertahankan kesehatan kulit kepala dan memulihkan rambut agar tidak sampai beruban. Vitamin B12 banyak terkandung dalam keju, alpukat, plum, jeruk, dan cranberry.

  • Beri Perhatian pada Biotin

Makanan sumber biotin seperti oat dan almond dapat membantu mempertahankan warna hitam rambut. Konsumsilah makanan-makanan tersebut apabila Anda ingin menghilangkan uban di usia muda.

  • Aplikasikan Minyak Almond atau Minyak Zaitun

Kedua minyak ini mampu menutrisi kulit kepala. Kebiasaan malas meminyaki rambut dengan bahan alami, seperti minyak almond atau minyak zaitun bisa menyebabkan folikel rambut lemah sehingga menyebabkan rambut menjadi putih, tipis, dan kusam.

Seseorang tak harus terpaku kepada dua jenis minyak alami ini, sebab masih banyak deretan minyak herbal lain yang dapat memperbaiki rambut rusak, termasuk tumbuhnya uban di usia muda.

  • Hindari Sengatan Matahari Langsung

Salah satu penyebab munculnya uban di usia muda adalah rambut terlalu sering terpapar oleh sengatan panas matahari. Menjadi masuk akal jika menggunakan pelindung kepala, seperti topi atau payung, dapat menjadi cara terhindar dari kondisi tersebut.

Selain itu, panas yang berasal dari air panas, hair dryer, hingga catokan rambut juga menjadi faktor tumbuhnya uban di usia muda. Ada baiknya seseorang segera mengurangi kebiasaan ini untuk menghindari uban yang ada tumbuh semakin banyak.

  • Hindari Stres

Ada begitu banyak dampak stres bagi kesehatan manusia, salah satunya adalah menipiskan sel induk dari pangkal folikel rambut. Tak hanya itu, stres berkepanjangan juga dapat menyebabkan penuaan datang lebih cepat, termasuk pada rambut. Dikatakan stres 3 kali lebih cepat menyebabkan penuaan dini.

Oleh sebab itu, kendalikan stres sebaik mungkin untuk mengatasi uban di usia muda. Anda dapat melakukan meditasi untuk mengurangi stres dan membuat pikiran lebih tenang.

  • Jangan Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit dan rambut dengan cepat. Tak hanya membuat sesak di dada, merokok ternyata dapat mempercepat timbulnya keriput di kulit, termasuk kulit kepala.

Oleh sebab itu, berhenti merokok merupakan langkah yang tepat untuk membantu menghambat munculnya uban lebih banyak pada rambut. Sehingga Anda akan tampak awet muda.

  • Teh dan Kopi Bisa Jadi Pewarna Rambut Alami

Apabila uban telah muncul dan Anda ingin mengatasinya dengan bahan alami, maka menggunakan teh atau kopi sebagai cat rambut alami adalah pilihan yang tepat. Cara ini tentu dapat Anda coba.

Caranya, didihkan kopi atau teh selama 15 menit, biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan minyak alami ke dalamnya. Cuci rambut secara teratur menggunakan air tersebut untuk mengubah rambut putih Anda atau uban menjadi kembali hitam secara alami.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan seseorang untuk mengatasi masalah pada rambutnya. Uban kadang membuat seseorang tidak percaya diri lantaran terkesan dan terlihat lebih tua dari usia seharusnya.

Oleh karenanya, uban di usia muda sebaiknya segera Anda atasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau bisa, hindari sekalian kondisi ini karena setiap orang punya potensi mendapati uban di usia muda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>