Begini Caranya Merawat Gigi Anak Agar Tetap Sehat

Begini Caranya Merawat Gigi Anak Agar Tetap Sehat

Anak-anak adalah usia di mana mereka sangat suka dengan makanan atau minuman yang manis, seperti es krim, permen, gula-gula, cokelat, dan sejenisnya. Bila gigi anak tidak dirawat atau dibersihkan secara teratur, maka dapat menyebabkan kerusakan gigi. Nah, seberapa penting sih kesehatan gigi anak? Lalu, bagaimana cara merawat gigi anak agar tetap sehat dan tidak mengalami kerusakan? Berikut penjelasannya. 

Memahami pertumbuhan gigi anak

Gigi anak pertama kali tumbuh (gigi susu) biasanya saat berusia 6 bulan. Namun, jangan khawatir jika ternyata anak Anda mengalami kecepatan (paling cepat 3 bulan) atau terlambat (paling lambat 12 bulan) tumbuh gigi. Setiap anak tentunya berbeda-beda, kebanyakan akan tumbuh gigi sulung sebanyak 20 buah pada saat berusia 3 tahun. Ketika anak masuk usia 5 atau 6 tahun, satu persatu gigi sulung akan lepas dan diganti dengan gigi permanen. 

Pentingnya kesehatan gigi anak

Gigi sulung berperan penting dalam membentuk wajah anak Anda, membantu mengarahkan gigi permanen ke posisi yang tepat, serta membantu anak untuk belajar makan dan berbicara. Oleh sebab itu, penting sekali untuk merawat gigi anak dengan baik.

Gigi sulung memiliki struktur luar yang lebih tipis dibandingkan dengan gigi permanen, sehingga berisiko mengalami kerusakan gigi anak usia dini, bahkan dapat dimulai sebelum gigi pertama muncul. Pembusukan disebabkan oleh bakteri dan lebih mudah terjadi apabila gigi sering terpapar dengan cairan manis, seperti susu formula, jus, dan bahkan ASI (karena ada kandungan gulanya), dan tidak dibersihkan secara teratur. 

Selain itu, sisa makanan di sela-sela gigi juga dapat memicu kerusakan gigi anak. Sisa makanan yang tidak dibersihkan dari gigi akan menjadi sumber yang baik untuk pertumbuhan bakteri di mulut. Tidak hanya memengaruhi bau napas, kondisi ini pun membuat gigi anak jadi lebih cepat rusak.

Jika anak Anda mengalami sakit gigi, maka anak akan sulit tidur, makan, atau berbicara. Sakit gigi juga memengaruhi kemampuan anak berkonsentrasi saat belajar. Oleh sebab itu, penting sekali untuk merawat gigi anak agar tetap sehat dan terhindar dari risiko sakit gigi. 

Tips merawat gigi anak agar tetap sehat

Rutin membersihkan gigi sangat penting untuk kesehatan gigi yang baik. Berikut ada beberapa tips yang dapat membantu Anda merawat gigi anak-anak agar terbebas dari kerusakan.

Cara menyikat gigi yang benar

Hal utama yang harus diperhatikan dalam menyikat gigi adalah menggunakan pasta gigi berfluorida, karena ini dapat mencegah atau mengurangi risiko kerusakan gigi.

Anak-anak sampai usia 6 tahun:

  • Mulailah menyikat gigi anak Anda segera setelah gigi susu pertama lepas (sekitar 6 bulan, bisa lebih awal atau lebih lambat) dan ini harus diawasi.
  • Sikat gigi dua kali sehari selama sekitar 2 menit dengan pasta gigi berfluorida.
  • Sikat gigi sebelum tidur di malam hari.
  • Gunakan pasta gigi berfluorida. Pada anak-anak, kandungannya tidak kurang dari 1.000 ppm fluorida atau pasta gigi keluarga, kandungannya 1.350 – 1.500 ppm fluorida.
  • Pastikan anak-anak tidak makan atau menjilat pasta gigi.
  • Ludahkan busa setelah menyikat dan jangan dibilas dengan berkumur-kumur. Jika Anda melakukan hal demikian, fluoride tidak akan bekerja dengan baik untuk gigi.

Langkah-langkah tersebut juga berlaku sama saat anak-anak berusia 7 tahun ke atas. Hanya saja, di usia ini, anak Anda mungkin sudah bisa menyikat giginya sendiri tanpa perlu diawasi. Walaupun begitu, Anda tetap perlu memastikan mereka telah menyikat giginya dengan benar.

Cara mencegah gigi anak berlubang

Beberapa cara ini dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi anak, yaitu:

  1. Batasi konsumsi permen, makanan manis, atau camilan. 
  2. Sikat gigi anak Anda setelah makan.
  3. Pastikan sikat gigi anak Anda setelah minum obat sirup, seperti obat batuk sirup yang mengandung gula dan membuat mulut menghasilkan asam, karena ini dapat merusak lapisan atas pelindung gigi.
  4. Bantu dan bimbing anak Anda untuk mengembangkan kebiasaan makan yang baik. Pastikan untuk memasukkan sumber kalsium yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang, seperti susu, brokoli, dan yogurt.
  5. Hindari memberikan minuman manis kepada anak, seperti minuman soda. Soda mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Inilah beberapa cara untuk merawat gigi anak yang dapat Anda lakukan. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan gigi anak ke dokter gigi secara teratur untuk membantu mencegah masalah gigi muncul.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>