9 Cara Mengobati Bisul dengan Bahan-Bahan Alami

Punya bisul memang sangat menyengsarakan. Bisul sendiri adalah hasil dari infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang terbentuk di folikel rambut dan kelenjar minyak di kulit. Bagian tubuh yang biasanya diserang adalah yang sering mengalami gesekan atau tekanan, seperti wajah, ketiak, selangkangan, bahu, dan bokong. Jika muncul bisul di bokong, mau duduk saja rasanya sakit dan tidak nyaman. Lantas, bagaimanakah cara mengobati bisul secara alami agar cepat sembuh?

Cara mengobati bisul dengan bahan-bahan alami

Ada beberapa cara mengobati bisul untuk mempercepat proses penyembuhannya secara alami. Melansir dari Medical News Today, beberapa cara mengobati bisul dengan bahan-bahan alami telah terbukti mendorong bisul cepat sembuh dan mengering, yaitu:

  1. Bawang merah.

Bahan alami ini Anda potong menjadi irisan tebal, lalu dibungkus kain kasa dan diletakkan di atas bisul atau luka selama 1 jam. Anda bisa melakukannya 1 – 2 kali dalam sehari.

  • Bawang putih.

Pilihlah bawang putih yang segar, kemudian Anda peras dan oleskan ekstrak sarinya ke luka bisul selama 10 – 30 menit 1 – 2 kali dalam sehari.

  • Tea tree oil.

Cara mengobati bisul dengan bahan ini bisa Anda peroleh secara online. Kemudian, oleskan tea tree oil tersebut langsung ke bisul atau luka setiap kali mengganti perban atau kain kasa.

  • Ekstrak minyak jarak (castor oil).

Sama seperti tea tree oil, ekstrak minyak jarak dapat dioleskan pada bisul setiap kali Anda mengganti kain kasa atau perban. Bahan ini juga dapat Anda beli secara online.

  • Campuran kunyit dan jahe.

Kunyit dan jahe dapat dicampur membentuk pasta atau direbus dengan kain bersih dalam air yang diberi garam, lalu didihkan selama 5 – 10 menit setiap hari. Campuran kunyit dan jahe ini bisa dioleskan atau dikompres langsung ke luka bisul Anda, agar lekas sembuh dan mengering. 

  • Minyak esensial tridax daisy.

Minyak esensial wangi bunga daisy ini sudah banyak juga tersedia secara online, sehingga Anda tidak sulit mendapatkannya. Anda dapat mengoleskan minyak ini ke bisul setiap kali mengganti kain kasa atau perban.

  • Neem oil.

Neem oil atau dikenal juga dengan minyak nimba sudah terkenal manfaatnya untuk kulit. Anda bisa mengoleskan neem oil ke bisul selama 10 – 30 menit sebanyak 1 – 2 kali sehari.

  • Horny goat weed oil.

Minyak ini terbuat dari tanaman herbal horny goat weed dari Cina yang dikenal dapat meningkatkan kinerja seksual. Ternyata, goat weed oil juga dapat Anda gunakan sebagai cara mengobati bisul secara alami. Anda bisa mengoleskan minyak ini setiap kali mengganti perban atau kain kasa.

  • Minyak esensial bunga sekam (Achyranthes aspera).

Tanaman bunga sekam (cambuk kuda setan) adalah tanaman yang telah banyak digunakan dalam pengobatan Ayurveda di India. Ekstraknya dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan bisul. Oleskan minyak bunga sekam ke bisul setiap kali Anda mengganti kain kasa atau perban.

Jangan pernah Anda menghilangkan bisul dengan cara memecahkannya sendiri di rumah, karena bisa menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Cobalah lakukan beberapa cara mengobati bisul dengan bahan-bahan alami tersebut, agar cepat kering dan sembuh. Jika kondisinya berupa kumpulan bisul atau ukurannya sangat besar, mungkin Anda perlu pengobatan medis untuk menyembuhkannya. Jika tidak, akan berisiko menyebabkan komplikasi yang serius, termasuk sepsis dan kematian.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>