5 Cara Alami untuk Membasmi Jerawat di Bibir

Tahukah Anda bahwa jerawat tidak hanya muncul di wajah? Jerawat bisa muncul di kulit kepala, punggung, dan juga bibir. Penyebabnya bisa berbeda-beda. Jerawat di bibir biasanya hanya muncul satu atau dua saja, tidak sebanyak di punggung atau muka. Meski demikian, jerawat di bibir bisa sangat mengganggu aktivitas seperti makan dan berbicara.

Penyebab jerawat di bibir

Jerawat yang muncul di bibir terkadang bisa terasa sangat perih. Penyebabnya berbeda dengan jerawat yang muncul di area kulit lain. Berikut penyebab munculnya jerawat di bibir.

  1. Iritasi kosmetik

Penyebab munculnya jerawat di bibir yang paling sering adalah iritasi kosmetik. Kandungan di dalam kosmetik yang digunakan tidak cocok dengan kulit Anda sehingga menimbulkan reaksi berupa munculnya jerawat di bibir.

  • Perubahan hormon tubuh

Perubahan hormon bisa menyebabkan munculnya jerawat pada bibir. Perubahan hormon bisa terjadi saat masa kehamilan, menopause, pubertas, siklus menstruasi, atau kondisi medis badan ketika mengonsumsi obat tertentu.

  • Penggunaan lip balm yang berulang

Menggunakan lip balm berulag-ulang juga merupakan penyebab jerawat di bibir. Jika cuaca sedang panas, kadang Anda tidak sadar menggunakan lip balm berulang-ulang. Menumpuk lip balm di bibir bisa menimbulkan jerawat karena bibir mengalami peradangan.

Cara alami mengatasi jerawat di bibir

Berbeda dengan obat dokter, menggunakan bahan alami membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyembuhkan jerawat di bibir. Penggunaannya pun harus lebih sering dan rutin. Umumnya penggunaan bahan alami diulang 3 kali sehari secara rutin dalam waktu seminggu untuk mengatasi jerawat di bibir hingga tuntas. Berikut ini 5 cara alami untuk mengatasi jerawat di bibir yang bisa Anda coba.

  1. Kompres dengan air hangat

Cara paling mudah untuk mengatasi jerawat di bibir adalah dengan mengompresnya. Gunakan kapas yang dibasahi air hangat kemudia tempelkan pada jerawat di bibir. Hal ini berguna untuk mengurangi nyeri, mengeringkan nanah, serta membantu mengeluarkan minyak yang menyumbat pori-pori. Meski terlihat sangat sederhana, menompres jerwat di bibir dengan air hangat cukup efektif untuk dilakukan.

  • Gunakan Madu

Anda bisa menggunakan bahan alami seperti madu untuk mengatasi jerawat di bibir. Kandungan antibakterinya membantu mengobati kondisi kulit yang memburuk. Oleskan madu pada jerawat di bibir. Diamkan beberapa menit kemudian bilas. Lakukan berulang kali agar efek maksimal.

  • Tea tree oil bisa membantu

Minyak esensial andalan kulit adalah tea tree oil. Fungsinya cukup banyak termasuk membantu mengatasi jerawat pada bibir. Jika Anda tidak memiliki alergi terhadap tea tree oil, Anda bisa langsung mengoleskannya pada jerawat di bibir. Akan tetapi, alangkah baiknya tes terlebih dahulu dengan cara mengoleskan tea tree oil di lengan. Tunggu reaksinya hingga 24 jam. Beberapa kulit sensitif bisa menunjukkan gejala alergi setelah 24 jam.

  • Gunakan tomat

Menggunakan tomat juga bisa jadi cara ampuh membasmi jerawat di bibir. Caranya cukup sederhana. Oleskan tomat yang sudah dihaluskan pada jerawat di bibir. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelahnya bilas menggunakan air hangat.

  • Membuat adonan kunyit

Cara alami terakhir yang bisa Anda coba yaitu dengan adonan kunyit. Anda bisa membuat adonan kunyit menggunakan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan beberapa tetes air. Aduk rata hingga membentuk pasta. Oleskan pada jerawat di bibir dan diamkan hingga mengering. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Adonan kunyit cukup efektif membasmi jerawat di bibir sebab terdapat kandungan antioksidan dan antiradang di dalamnya.

Meski menggunakan bahan alami terbukti ampuh menghilangakan jerawat di bibir, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Kondisi masing-masing kulit berbeda, sehingga bahan alami yang digunakan pun belum tentu cocok. Jerawat di bibir juga bisa dicegah dengan memastikan produk kosmetik yang digunakan aman bagi bibir. Selain itu, gunakan petrolium jelly dan lip balm secukupnya saja agar tidak membuat iritasi dan menimbulkan jerawat di bibir. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>